nhk

MotoGP 2013 Indinapolis (Jelang); SSG M1 Rossi-Lorenzo Berubah Jadi Senjata Strategi

 

ManiakMotor – Asyik bercerita seamless shift gearbox (SSG). Teknologi ini menjadi senjata strategi antara Honda dan Yamaha separuh musim. Ditambah dua sirkuit di depan kunciannya SSG. Dimulai dari Indianapolis, Amerika, 18 Agustus ini, awas jangan ke mana-mana brosist, Andalah saksinya. Pokoknya saksikan saja deh.

Peranti ini manjur di sirkuit Indianapolis yang tikungannya teknikal sampai menurunkan ke gigi rendah. Girboks non SSG jedanya 0,038 detik setiap oper gigi. Waktu segitu dibutuhkan terputusnya pengapian untuk membebaskan tekanan dari kopling ke girboks. Sedang SSG RC213V hanya butuh 0.009 detik tanpa menunda pengapian saat terjadi perubahan percepatan. Itu pun pengaruh gerakkan kaki dan tangan kanan pembalap menyesuaikan rpm dan tuas persneling.

Bila epek SSG efesiensinya menuju trek lurus pda percepatan dari 1 ke-2 dan dari 2 ke-3, berarti ada dua kali atau 0.076 detik waktu terbuang yang tanpa SSG. Itu baru satu lintasan dan satu kali keluar tikungan loh. Pengguna  SSG cuma 0.018 detik. Ini belum dihitung ketika menanjak yang epeknya lebih luas seperti terjadi di Laguna Seca.

  {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

“Jorge (Lorenzo) dan Valentino (Rossi) tanpa SSG kami saling mengalahkan, jarak tak terlalu jauh. Bila peranti itu mereka gunakan di Indy, lomba akan jadi menarik. Tapi saya tidak perlu tertekan dengan itu,” strategi Marc Marquez, pembalap Repsol Honda Team yang memprediksi balapan akan ketat sepanjang lomba bila M1 telah menggunakan SSG. Ia pun curiga dan penasaran, SSG pasti digunakan Yamaha di Indy.

Bisa jadi, tidak tertekannya Marquez mungkin telah membaca bocoran baru lalu. Bahwa, testing SSG di Brno beredar lewat analisa video. Katanya M1 Rossi dan Lorenzo memerlukan jeda 0,016 atau 16 per seribu detik.

Itu rata-rata yang diambil dari 8 sampel kamera video yang berkisar 0,014 sampai 0,017 detik perpindahan gigi. Jauh lebih mendingan pakai SSG, ketimbang tidak sama sekali, walau masih kalah 0,007 detik dari SSG Honda.

Untuk mendorong devisit 0.007 detik tersebut, keterampilan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang banyak dituntut. Di atas kertas keduanya jangan diragukan. Lorenzo pemegang juara dunia dua kali dan Rossi seorang The Doctor yang 9 kali juara dunia.

Bikin tEEgang (logat Tapanuli), hasil test di Brno ini didiamkan YFR alias tidak diumumkan. Entah berhasil atau tidak, andai pun berhasil digunakan di Indianapilis atau no? Apalagi YFR sebelum test  mendahului lewat pengumuman, di Brno itu hanya menguji safety dan material, baru tahun depan akan digunakan?

Toh, pundi klasemen dua pembalap YFR saat ini, butuh pertolongan barang itu. Kecuali ada obat lain pengganti SSG? Tetap saja YFR diam seribu kata dan sampeyan termasuk pesaingnya disuruh menduga-duga saja. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; Rossi Terima Tantangan, Yamaha Belum Terus Terang SSG

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Merasa Santai, Marquez Tantang SSG Yamaha

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Paruh Musim Bikin Tegang, Rossi Punya Peluang

MotoGP 2013: Bukan Marquez, Tapi Luca Yang Gantikan The Doctor

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang); Tak Mungkin Strategi Rossi – Lorenzo Mengalah..!

MotoGP 2013: Ke Ducati, Crutchlow Sudah Menang di Awal, Rp 34 Milyar/Musim

BAGIKAN