nhk

MotoGP 2013 Italia (Jelang); Melacak Data Seimbang M1 Dan RC213V Di Sirkuit Cepat Mugello

 

ManiakMotor – Tahun lalu dari free practice 1 sampai tiga, warm-up dan race di sirkuit Mugello, Italia, dikuasai Yamaha M1 lewat Jorge Lorenzo. Kecuali qualifying direbut Honda RC213V Dani Pedrosa. Saat rece Pedrosa kedua atau finish 5 detik di belakang Lorenzo di sirkuit yang minggu ini atau 2 Juni 2013 dipakai untuk ronde 5 MotoGP 2013. 

Di Mugello tahun lalu Pedrosa belum menunggang RC213V total baru yang sebenarnya telah selesai dirancang bagun sebulan sebelumnya. Usai Mugello itu, tuh motor dipakai Pedrosa di Laguna Seca, Amrik, sampai sekarang. Dari penampilan RC213V saat ini, reduksi halusnya tak kenal basah dan kering. Untuk konsistensi sirkuit cepat terus, ya belum tahu.

Nah akan dicari tahu di Mugello adalah sirkuit cepat yang tahun lalu Yamaha bisa bercerita. Mugello disebut cepat terus, rata-rata top speed mencapai 173 km/jam. Angka itu yang dilakukan Lorenzo saat lomba. Sedang untuk per lap (single lap), Pedrosa yang tertinggi  saat  kualifikasi 2012. Top speed Pedrosa rata-rata 176 km/jam dan waktu tempuhnya 1 menit 47 detik.

Hasil-hasil itu semata desain Mugello yang tancap gas terus. Soal cepat-cepatan, Mugello bisa bersaing  Silverstone di Inggris (171 km/jam) dan Philips Island di Australia (176 km/jam). Sayang, di Australia Pedrosa nggak finish. Sedang di Silverstone tahun lalu, motor yang dipakai Pedrosa sekarang belum kelar. Jadi sulit sebagai pembanding.

Panjang Mugello 5.245 meter yang dihiasi 15 tikungan, 9 ke kanan dan 6 kiri. Trek lurusnya 1.141 meter yang top speed tahun lalu paling top dipegang Valentino Rossi pakai Ducati dengan 346 km/jam. Lorenzo saat itu hanya ke-5 untuk top speed dan Pedrosa ke-7.

Toh, penentu sirkuit cepat bukan soal trek lurus.  Salah satu indikasinya, iya! Trek lurus Silverstone hanya 770 meter, toh dibilang kilat juga. Atau Austin di Amrik memiliki trek lurus panjang, namun tidak disebut sirkuit tercepat, karena banyak tikungan mati yang membuat top speed rata-rata hanya 158 km/jam. 

Balik lagi ke  data 2012 yang sudah 1.000 cc, Yamaha lewat Lorenzo, harusnya imbang dengan Honda tahun ini. Walau tahun lalu bukan pencetak rekor sirkuit, tetapi di lomba M1 konstan yang membuat Lorenzo menang tadi. Sekadar tahu saja, rekor pole lap, fastest lap, circuit lap dan best lap di Mugello atas nama Pedrosa yang dibuat tahun lalu. Pedrosa juga pernah menang di sini pada 2010. 

Sementara, Rossi  menang 7 kali berturut dengan M1 di Mugello? Tetapi menurut Sete Gibernau seperti komentarnya baru lalu soal Rossi, “Teknologi MotoGP setiap saat berubah. Teknik mengendarainya juga beda. Motor sekarang makin kencang di tikungan,” jelas Gibernau yang mengamati cara Rossi  bermain dengan M1. Maksudnya? Ya, Rossi harus menyesuaikan ulang dengan motor itu yang dua tahun ditinggalkannya.

Yang jelas, Honda sejak lepas dari Mugello tahun lalu dalam 12 ‘penampakkannya’ 10 kali menang. Delapan kali oleh Pedrosa, dua di antaranya dibikin 2013. Sekali oleh Casey Stoner  dan sekali Marc Marquez. Sisanya ya, Yamaha dengan Lorenzo alias hanya dua kali. Kondisi terkini, pasti Honda diunggulkan walau belum tahu tadi. Sama dengan Jerez dan Le Mans secara tradisi M1 meyakinkan seperti dibikin Lorenzo tahun lalu dan sebelum-sebelumnya, tapi juga disikat Honda. 

Apa pun bisa terjadi sebelum bendera finish dikibarkan. Toh data sebelumnya seperti paparan tadi masih imbang, juga menunggu perbaikan yang dijanjikan petinggi Yamaha usai gagal di Le Mans untuk menghadapi Mugello, sembari buka ulang data yang membuat Lorenzo jagoan dalam dua tahun terakhir di sirkuit selemparan batu dari rumahnya Rossi itu. Tuh, apalagi Rossi tuan rumah. “Pokoknya kami akan berusaha sekuatnya,” kata Rossi seperti yang barusan di update MotoGP.com.

Lho, nggak ketumu imbangnya dari tadi ya. Nggak kelacak. Ito

BERITA TERKAIT:

Klasemen MotoGP 2013, Moto2 2013, Moto3 2013 Usai Le Mans

MotoGP 2013 Jelang Mugello: Momentum Pedrosa di Kandang Macan

MotoGP 2013 Jelang Mugello: 5 Ducati Bidik 2 Peluang

MotoGP 2013; Honda Akan Dijual Ke Perorangan 2014, Diuji Di Motegi Jepang

MotoGP 2013 Jelang Mugello: Belum Nendang Dengan M1, Rossi Mulai (Lagi) Omong Balap Mobil

     
     
     
 

 

 

 


 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353