nhk

MotoGP 2013 (Jelang Assen): Soal Goyang, Marquez Penghiburnya

ManiakMotor – Panjang trek Assen cuma 4,542 km tapi punya 18 tikungan. Dua per tiganya alias 12 tikungan berbelok kanan. Itu bikin puyeng Dani Pedrosa yang kidal.  

Wajarlah kalau Pedrosa belum pernah menang di Assen dalam partai-partai MotoGP. Feeling dan refleks tubuhnya yang lebih oke ke kiri membuatnya rada sulit melhpa 12 tikungan kanan itu secara konsisten dalam 26 laps. Total 312 kali ia harus goyang kanan. Bandingkan goyangan kiri yang hanya 145 kali.

Itu teori Pakde! Juga tradisi Pedrosa di trek yang dominan kanan. Kalau musim 2013 berbeda ya bisa saja. Mungkin ia sudah punya formula baru untuk menaklukkan Assen dan bisa jadi juara sehingga catatan karirnya bukan hanya 3 kali runner up di Assen.

Tapi, jika belum punya formula itu, maka Marc Marquez adalah wakil Honda yang paling layak diunggulkan ke Assen. Seperti dibilang dalam tulisan sebelumnya, sirkuit ini butuh goyangan terus-menerus karena banyaknya tikungan yang terhampar dengan jarak pendek satu sama lain.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Soal body moving saat menikung, Marquez bisa diandalkan. Gayanya yang lebih bergelantung seperti ditunjukkan foto di atas, sepertinya akan jadi hiburan tersendiri di Assen. Boleh jadi aksi itu akan jadi sorotan langsung kamera televisi untuk merekam adegan-adegan uniknya.

Sekali juara di kelas 125 dan dua kali juara Moto2 jadi petunjuk kalau riding style Marquez cocok dengan karakter Assen. Tambah hasil pengembangan RC213V dan pendalamannya pada sesi tes Aragon lalu,  semakin pantas saja mengunggulkan Marquez sebagai wakil Honda yang paling berpotensi melawan kubu Yamaha.

Motivasi remaja 20 tahun itu pun tengah terbakar akibat keteledoran di Mugello yang mengakibatkannya kehilangan 20 poin penting. Hal pertama yang harus ia kejar di Assen adalah menipiskan jarak dengan Pedrosa dan Lorenzo pada klasemen sementara, dan itu bis didapat jika finish sebagai juara.

“Aku tertinggal 30 angka dari Dani dan 23 poin dari Jorge. Aku tidak memikirkan peluang menjadi juara dunia musim ini, hanya fokus dari satu race ke race berikutnya dan menikmatinya. Soal hasil belakangan, yang penting tampil 100% seperti biasanya,” papar Marquez yang jelas membidik kemenangan di Assen. Caranya, dengan menggoyang-goyang itulah Brosist! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 (Jelang Assen): Seperti Rossi, Marquez pun Tak Sabar ke Belanda

MotoGP 2013 Assen (Jelang); Bukan Hanya Rossi-Marquez, Justru Paling Tak Sabar Pedrosa

MotoGP 2013; Apakah Nakamoto Gagal Bikin RC213V 2014..? Ditolak Pembalapnya, Loh..!

MotoGP 2013 (Jelang Assen): Merasa Lebih Kuat, Lorenzo Bilang Lapar Kemenangan

MotoGP 2013 (Jelang Belanda): Rawan di Assen, Rossi Mestinya Podium

 

BAGIKAN