nhk

MotoGP 2013 Jelang Brno Ceko; Poin Panas Rossi-Lorenzo Vs Marc-Pedrosa

 

ManiakMotor – Jorge Lorenzo kini tertinggal 35 poin. Angka itu bukanlah sedikit dengan persaingan MotoGP edisi 2013 yang ketat. Kalau sebut ketat, berarti imbang dari skill dan motor. Kolo Lorenzo kalah sekali lagi dan juaranya Marc Marquez, silakan hitung dengan kalkulator sisa poin yang tersedia.

Saat ini saja, riskan alias panas buat Lorenzo. Andai Lorenzo juara 1 terus dan Marquez juara 2 melulu, baru ronde 17 dari 18 seri  kedudukan poin akan sama. Apa begitu jalannya lomba?  “Posisi runner-up di Indy sebenarnya  bagus. Tetapi posisi itu melayang,” sesal Lorenzo yang memang harus enyesal kehilangan 4 poin dari targetnya ke-2 malah jadinya ketiga. Kedua cukup realistis di Indy yang bukan tipikal M1.

Penyesalannya karena berkaitan dengan hitung-hitungan yang harus dikejarnya sampai ronde 17 tadi. Belum lagi menghitung Dani Pedrosa yang kini unggul 14 poin darinya. Beda cerita bila ia ke-2  di Indy bisa memperdekat jadi selisih  6 poin dari Pedrosa dan dengan Marquez hanya 31 poin. Jadinya, ada dua sekaligus yang harus diatasi Lorenzo di seri-seri ke depan, termasuk di Brno, Ceko minggu ini. Lorenzo dalam 10 seri lalu, hanya 1 seri memimpin klasemen dari hasil Qatar. Berbeda dengan tahun lalu separuh lomba tinggal mengamankan pundi.

  {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Tapi jalannya lomba tidak ada yang bisa menceritakan secara jitu, termasuk sampeyan, sebelum lomba model grand prix atau berseri tamat di sirkuit Valencia sebagai ronde terakhir.  Semua masih punya kesempatan. Toh ada kesempatan besar, sedang dan kecil. “Saya tidak hanya ingin menang di Amerika, tapi juga di sirkuit mana pun ke seri-seri di depan nanti,” mantap Marquez yang punya kesempatan besar bersama  Pedrosa.

Kondisi terkini Lorenzo hanya punya kesempatan di atas sikit dari sedang-sedang saja. Selanjutnya kesempatan di bawahnya lagi sesuai urutan klasemen sekarang. Maaf begitu hitung-hitungannya. Dan sekali lagi, hitungan hanyalah hitungan sebelum serial tamat.

Peluang tetap terbuka mengingat Marquez dan Pedrosa punya ambisi masing-masing. Marquez ingin disebut pendatang baru langsung sakses juara dunia dengan rekor termuda. Di sisi lain, Pedrosa yang telah 8 tahun di MotoGP belum pernah juara dunia, pastilah ini tahun bekerja keras. Keduanya pasti akan sering ‘berantam’ dalam 8 seri sisa.

Tahun lalu di sirkuit Brno, Lorenzo dan Pedrosa duel keras sampai akhir lap. Sebab 2012 yang selalu di depan hanya mereka berdua, setelah Casey Stoner (Honda) cidera dan Ben Spies (Yamaha) prestasinya acak kadut. Tahun ini berbeda dengan hadirnya sosok Marquez. Juga Valentino Rossi yang kembali memacu M1 dan sewaktu-waktu dapat settingan terbaik dengan mudah menganggu peta persaingan. Poin Rossi memang jauh dari Marquez, tapi masih dekat dengan Lorenzo. Wah… .Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang): Rossi Diuntungkan Test Awal, Sektor 1 Dan 3 Milik M1

MotoGP 2013 (Jelang Brno): Lorenzo – Rossi Tuntut Perubahan

MotoGP 2013 Jelang Brno, Ceko; Chicane-Chicane SSG Honda, Perbaikan M1 Rossi

MotoGP 2013 Indianapolis: Crutchlow ‘Dendam’, Mau Sikat Rossi di Brno dan Silverstone

MotoGP 2013 Indianapolis (Race): Rossi Tiba-Tiba Kencang? Mulusnya SSG Honda..!

MotoGP 2013 Indianapolis (Race): Rossi Tiba-Tiba Kencang? Mulusnya SSG Honda..!

MotoGP World Standing 2013PDF

Pos. Rider Bike Nation Points
1 Marc MARQUEZ Honda SPA 188
2 Dani PEDROSA Honda SPA 167
3 Jorge LORENZO Yamaha SPA 153
4 Valentino ROSSI Yamaha ITA 130
5 Cal CRUTCHLOW Yamaha GBR 127
6 Stefan BRADL Honda GER 93
7 Andrea DOVIZIOSO Ducati ITA 87
8 Alvaro BAUTISTA Honda SPA 81
9 Nicky HAYDEN Ducati USA 72
10 Bradley SMITH Yamaha GBR 59
11 Aleix ESPARGARO ART SPA 56
12 Michele PIRRO Ducati ITA 36
13 Andrea IANNONE Ducati ITA 29
14 Hector BARBERA FTR SPA 24
15 Colin EDWARDS FTR Kawasaki USA 20
16 Randy DE PUNIET ART FRA 19
17 Danilo PETRUCCI Ioda-Suter ITA 18
18 Ben SPIES Ducati USA 9
19 Claudio CORTI FTR Kawasaki ITA 7
20 Yonny HERNANDEZ ART COL 7
21 Alex DE ANGELIS Ducati RSM 5
22 Karel ABRAHAM ART CZE 5
23 Michael LAVERTY PBM GBR 3
24 Bryan STARING FTR Honda AUS 2
25 Hiroshi AOYAMA FTR JPN 2
26 Javier DEL AMOR FTR SPA 1
BAGIKAN