nhk

MotoGP 2013 Jelang Brno: Ditanya Soal SSG, Rossi Cuma Angkat Bahu

ManiakMotor – Ada perbedaan pandangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo soal SSG. The Doctor justru tak yakin SSG akan dengan sendirinya M1 sanggup melumat RC213V. Katanya, ada kelemahan lain yang harus ditingkatkan.

Rossi mengakui hasil tes SSG di Brno awal Agutus lalu memang membawa banyak perubahan positif pada M1 pacuannya. Seperti halnya Lorenzo, ia pun ingin peranti canggih untuk memuluskan akselerasi itu bisa dipasang secepat mungkin. Tapi, ia yakin SSG saja tak akan cukup melawan pacuan Marc Marquez dan Dani Pedrosa saat ini.

“Kami punya beberapa problem jika dibandingkan dengan Honda.  Ada dua atau tiga poin yang harus ditingkatkan, salah satunya aalah SSG,” tegas Rossi tanpa menyebut problem lainnya. “Seamless gearbox sangat penting untuk meningkatkan performa, khususnya saat balapan dengan banyak laps. Namun itu saja tak cukup. M1 butuh satu paket perubahan agar bisa secara konsisten melawan Honda,” tambah Rossi yang mungkin bicara problem dirinya, bukan Lorenzo.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Komentar Rossi terkesan memang apa adanya. Mengacu pada analisa suara M1 saat tes SSG di Brno lalu, waktu jeda pada setiap perpindahan gigi M1 memang meningkat 143% seperti sebelumnya sudah dimuat artikelnya dalam portal ini. Tapi, jika dibandingkan dengan kinerja SSG versi RC213V yang sudah mantap sejak 2011, waktu jeda M1 masih jomplang.

M1 masih butuh 0,016 detik waktu untuk perpindahan gigi sedangkan RC213V hanya butuh 0,009 detik. Disinyalir SSG itu kemudian dibawa lagi ke pabrik di Jepang untuk pengembangan lebih lanjut dan tersedia waktu dua minggu pasca tes.

Apakah sekarang sudah siap pakai di Brno? Ditodong pertanyaan macam itu The Doctor cuma angkat bahu sembari pasang mimik mesam-mesem yang jadi ciri khasnya. Gerakan bahu ini secara umum diartikan sebagai jawaban tidak tahu. Namun, apakah benar-benar tak tahu atau tak ingin memberitahu, hanya Rossi yang tahu.

Tunggu saja sesi FP1 yang berlangsung Jumat (23/8) ini, raungan knalpot M1 bisa jadi indikatornya. “Itu pertanyaan besar yang setiap pagi saya dan Jorge tanyakan kepada orang-orang Jepang di Yamaha. Lebih cepat lebih baik,” katanya.

Tanpa Rossi dan Lorenzo mengaku pakai atau tidak juga ketahuan sendiri di sirkuit. Kan orang-orang di sirkuit yang mengerti teknologi brosist. Apalagi yang ada di paddock tuh dari suara saja mereka sudah tahu apa yang terjadi. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang FP1-2); VR46, MM, PD Dan JL, Ogah Sesumbar, Sirkuit Seimbang..!

MotoGP 2013 Jelang Brno: Berani Ambil Risiko, Lorenzo Kembali Minta SSG

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang): Marquez Menang Di Brno, Makin Tenang..!

MotoGP 2014: Jerez Hilang Dari Tes, Ganti Losail

MotoGP 2013 Brno Ceko (Jelang); Honda Tak Gentar Tes Awal Yamaha

BAGIKAN