nhk

MotoGP 2013 (Jelang Brno): Lorenzo – Rossi Tuntut Perubahan

ManiakMotor – Dengan kualitas M1 saat ini hasil di GP Brno beberapa hari lagi bisa sama saja dengan hasil Indiapolis beberapa hari lewat. Karena itu Yamaha harus ada perubahan signifikan agar bisa menyimpan peluang ke kejuaraan dunia.

Yang omong begitu ndak sembarangan, brosist! Jorge Lorenzo lho yang bilang begitu. Tapi sebelum dibicarakan Lorenzo, ai udah tau, hehe. Jagoan Yamaha Factory Racing yang digadang-gadang menuju juara dunia 2013. “Kami harus lebih agresif agar lebih kompetitif. Semacam evolusi, mungkin dengan pengembangan beberapa item komponen,” kata Lorenzo yang bertarung ketat dengan Pedrosa tahun lalu di sini.

Dalam dua seri Brno dan Silverstone yang mepet, masing-masing 25 Agustus dan 1 September, memang tak mungkin melakukan pengembangan besar-bsaran. Belajar dari tahun lalu masih bisa mengimbangi RC213V yang teknologinya sama dengan sekarang, ya soal set-up yang jitu saja untuk memperbaiki klasemen.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Marc Marquez dan Dani Pedrosa memimpin klasemen pembalap sedangkan di klasemen manufaktur pun Yamaha sudah tertinggal 22 poin. Karena itu perubahan besar hanya mungkin dilakukan jelang seri Misano yang dihelat pertengahan September. Tapi, masih diragukan juga apakah saat itu M1 sudah bisa mengusung SSG yang diyakini jadi sumber ketertinggalan dari Honda.

Juara dunia bertahan itu berharap tikungan-tikungan cepat di Brno dan Silverstone bisa menjadi keuntungan Yamaha sebagaimana biasanya. Perimbangan kekuatan Honda dan Yamaha dalam empat musim terakhir di Brno bisa dikatakan imbang. Tapi, ada tapinya, dua tahun belakangan, Honda juaranya. 

“Normalnya Brno dan Silverstone agak menguntungkan kami, harusnya lebih bagus di sana. Tapi, you tak pernah bisa tahu apa yang terjadi di balapan. Kadangkala terjadi sesuatu yang di luar dugaan, jadi mari kita lihat saja nanti apa yang terjadi,” papar Lorenzo, setengah optimis dan setengah frustasi, walau sudah sempat latihan duluan pada 6 dan 7 Agustus lalu di Brno.

Sebelumnya hal sama diapungkan Valentino Rossi. Ia dan kru Yamaha harus kerja keras cari pemikiran baru untuk pengembangan M1. Di satu sisi ada harapan baru karena sirkus MotoGP kembali memasuki trek-trek Eropa yang lebih ia kuasai. Brno, misalnya, sudah empat kali dijuarai The Doctor di kelas primer. “Tapi, tetap saja kami harus meningkatkan diri. Motor lawan saat ini sangat kencang, perlu peningkatan dalam beberapa titik agar bisa dilawan,” katanya.

Tak ada waktu rehat usai Indy, tak juga banyak waktu berbenah jelang Brno yang sesi FP1 dan 2 berlangsung Jumat 23 Agustus. Dalam waktu yang kritis itu, perubahan macam apa kira-kira yang bisa dilakukan para insinyur Yamaha untuk mempercepat laju M1? Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Jelang Brno, Ceko; Chicane-Chicane SSG Honda, Perbaikan M1 Rossi

MotoGP 2013 Indianapolis: Crutchlow ‘Dendam’, Mau Sikat Rossi di Brno dan Silverstone

MotoGP 2013 Indianapolis (Race): Rossi Tiba-Tiba Kencang? Mulusnya SSG Honda..!

MotoGP 2013 Indianapolis: Rossi Nikmati Lomba, Lorenzo Sesali Nomor Tiga

BAGIKAN