nhk

MotoGP 2013: Jelang Duel RC213V vs YZR-M1 di Texas, Sama-Sama Bermasalah, Rossi Dibekali 2 Motor Baru

 

ManiakMotor  Sudah garangkah Valentino Rossi di atas Yamaha YZR-M1 spek 2013? Masihkah Dani Pedrosa dominan? Tunggu tanggal mainnya di Sirkuit Austin, 12-14 Maret diTexas di Amrik. Ini jadwal tes privat yang tadinya hanya diisi Repsol Honda Team (RHT)  yang belakangan dimasuki Yamaha Factory Racing (YFR). Maklum, salah satu nggak mau ketinggalan berita. Harus up to date.

Sejauh ini baru dua tim kaya ini yang berencana mengisi tes yang tak resmi tersebut. Karena bukan tes resmi, tak ada kewajiban seluruh tim untuk ambil bagian sebagaimana tes di Sepang. Toh, jika tim lain di luar pabrikan memaksa ikut, keran dana akan menetes lebih banyak. Bisa-bisa di tengah grand-prix akan menyerah, karena gulung tikar.

Karena hanya RHT dan YFR, berarti duel pemanasan antara RC213V milik Pedrosa dan Marc Marquez versus YZR-M1 yang dipacu Jorge Lorenzo – Rossi. Jadi menarik lantaran kedua kubu akan memasuki Texas dengan masalah masing-masing. Ya, ‘masalah’ motor kencang yang dibikin kencang lagi, lagi dan lagi. Nggak puas mereka, brosist. Ada-ada saja yang kurang.

Setidaknya itulah gambaran akhir seusai tes Sepang lalu. Pedrosa misalnya, meski  cenderung konsisten, harus lebih konsisten lagi dengan settingan kenyamanannya. Terutama kinerja suspensi setelah pacuannya digandoli bobot tambahan 3 kg. Maklum, badan mungil adinda Pedrosa itu cuma 53 kg Brosist. Masih gemukan rafid Topan 2 kg hehehe. Sementara motornya sendiri sudah 157 kg.

Jadi, Pedrosa dan krunya masih harus cari titik penempatan agar distribusi bobotnya balance. Penambahan bobot tersebut jangan sampai menganggu kinerja suspensi Ohlis. “Kami punya beberapa setingan pilihan, tapi sejauh ini belum menemukan yang benar-benar mantap. Masih butuh kerja keras,” ujar Pedrosa yang sebenarnya sejak musim lalu sudah enjoy dengan perubahan mesin dan sasis RC213V-nya.

Rekan setimnya, Marquez, sami mawon.Secara umum ia tak punya kendala khusus karena memang dalam taraf pengenalan RC213V. Tapi, kalau dicari-cari, ya jatuhnya ke masalah suspensi juga, terutama suspensi depan yang membuatnya sempat ndlosor di gravel Sepang. Maklumlah, semakin kejam mesin, harus diredam oleh suspensi.

Kubu Yamaha sedikit lebih rumit. Lorenzo mengakui butuh pacuan yang lebih mumpuni untuk mempertahankan gelar dunianya musim ini. YZR-M1 spek 2013, katanya, hanya sedikit lebih baik dari versi 2012. Tapi kalah konsisten dengan RC213V, ya buktinya dua kali test di Sepang itu. “Lebih baik dari motor musim lalu. Tapi, belum betul-betul meyakinkan,” tegas juara dunia 2012 yang sejak musim lalu inginkan pergantian model girboks SGM, ei salah tuh. Itu sih merek susu. Maksudnya SSG (Seamless Shift Gearbox)  yang kira-kira kerjanya seprti quick shifter pada mobil yang belum sempat dibikin Yamaha Racing, karena masih sibuk.

Akan halnya Rossi, sampeyan sudah tahu hasilnya dalam dua uji coba di Sepang. Kekencangannya masih bisa memepet waktu Pedrosa maupun Lorenzo saat menggeber M1 versi 2012. Tapi, begitu coba pol-polan di atas jok M1 versi 2013, barulah The Doctor menemukan beragam jenis penyakit. Mulai dari masalah kelistrikan, elektronik, sampai grip ban. “Masih banyak area yang harus dibenahi, kami butuh kerja ekstra lebih dari 100%. Masih ada waktu dan  ini barulah sesi testing. Yang pasti kompetisi musim ini akan berbeda,” kata sang ‘dewa’ MotoGP yang sempat jadi ‘dewi’ saat bersama Ducati.

Apakah ia masih ‘dewi’ atau bakal melayang kembali jadi ‘dewa’ musim ini, salah satu tandanya akan terlihat di Texas nanti. Apalagi, Rossi ke sana bukan untuk naik kuda benaran, tapi kuda besi yang kabarnya dua sekaligus versi 2013. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Lorenzo – Rossi Tunggu-Tunggu Girboks SSG

MotoGP 2013: Finish 1-2 di Sepang, Honda Belum Tenang

MotoGP 2013; Ducati Mengaku Kencang Sebenarnya Pelan, Filippo Preziosi Out

Oalah, Industri Film Porno Mulai Rambah MotoGP! Asyik Dong…

MotoGP 2013: Presiden FIM Ingatkan Valentino Rossi, Balapan Tak Lagi Bikin Ngantuk

 

BAGIKAN