nhk

MotoGP 2013 Jelang Final Valencia: Lorenzo vs Marquez, Terbuka Kemungkinan Poin Sama

 

ManiakMotor – Yamaha sepertinya sudah berhitung segala kemungkinan dalam tarung penentun di Valencia. Termasuk kemungkinan poin sama antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez di akhir musim. Gampangnya, MM memang hanya butuh finish ke-4 untuk menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah, sekaligus rookie kedua yang bisa juara dunia setelah Kenny Roberts Sr pada 1978.

Tapi, seperti ente tahu, jangankan hitungan 30 lap nanti di Valencia, setiap lap saja  apa pun bisa terjadi. Misal hasil balapan di Valencia membuahkan poin sama. Sekarang Marquez unggul dengan nilai 318 dengan Lorenzo 305. Buat Marquez, bermain aman masuk 4 Besar pun bisa punya risiko tersendiri karena bisa saja sodok-sodokan dengan para joki satelit dan CRT. Belum lagi hujan seperti tahun lalu dan memang terjadi di Valencia, hasil balapan makin tak mudah diprediksi. 

Beberapa komposisi finish yang memungkinkan JL dan MM punya poin sama persis di akhir musim. Jika JL runner up dan MM finish ke-9, keduanya punya poin 325. Lorenzo urutan 3, MM ke-13, poin sama jadi 321. Komposisi terakhir adalah JL urutan 4 dan MM gagal memetik poin maka jumlahnya sama-sama 318. “Musim ini saya sudah menang lebih banyak, dan itu sangat penting,” ujar Lorenzo. 

Sesuai regulasi, jika poin keduanya benar-benar samimawon maka yang bakal dinobatkan juara dunia 2013 adalah Lorenzo. Itu tadi, rider Yamaha Factory Racing itu lebih banyak memenangi balapan. Ia 7 kali menang, masing-masing di Losail, Mugello, Catalunya,  Silverstone, Misano, Philip Island, dan Motegi. Sementara MM enam kali juara di Austin, Sachsenring, Laguna Seca, Indianapolis, Brno, dan Aragon. 

Kubu MM pun sudah memerhitungkan hal itu pula. Penantian menariknya adalah strategi macam mana yang akan dimainkan dua kubu yang selalu bermusuhan itu? Di seri terakhir ini, peran rekan satu tim bisa jadi akan ambil peran penting. Jadi, performa Valentino Rossi dan Dani Pedrosa pun masih aka ada pengaruhnya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2013 Jelang Final Valencia: Marquez Pakai Mesin-Sasis Baru Dari Stoner?

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Lorenzo Masih Bernafsu, Marquez Keburu Sadar

MotoGP 2013 Jelang Final Valencia: Lorenzo Sangat Pede, Terus Teror Marquez

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Kisah Rossi vs Hayden, Pengantar Partai Final Lorenzo vs Marquez

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353