nhk

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Marquez Jual, Rossi Beli..!

 

ManiakMotor – Baru rilis belakangan yang dimuat situs resmi MotoGP, Marc Marquez from Repsol Honda Team mulai sebut-sebut nama Valentino Rossi. Terutama soal girboks baru M1 yang jadi perang urat syaraf Yamaha dan Honda penggunaannya di Indianapolis, Amerika untuk ronde 10 MotoGP, 18 Agustus nanti.

Beda usai menang di Jerman dan Laguna, nama Rossi tidak masuk daftar yang harus diperhitungkan Marquez, eh termasuk Dani Pedrosa yang setim dengannya juga tanpa sebut Rossi. Marquez hanya ucap Pedrosa dan Jorge Lorenzo soal pengukuhan juaranya dua seri lalu. Bahwa, ia kampiun beruntun belum mutlak, karena kedua ‘kakak’ sesama Espana itu, masih cidera.

Karena itu Rossi dalam sepotong rilis Yamaha Factory Racing (YFR), ‘lantang’ menyebut siap menghadapi tantangan. Kendati The Doctor tidak membidik siapa orangnya. Tetapi dari pernyataan Marquez dan Dani Pedrosa tanpa sebut-sebut nama besarnya, ya mungkinlah itu. Apalagi Marquez seperti ‘menantang’ girboks baru M1.  “Apapun keadaannya, mekanik, tim dan saya siap hadapi tantangan di Indy,” jelas Rossi entah geram atau tidak, soalnya hanya rilis bro.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Rossi setuju tantangan alias dibeli, hehe, berati sudah ada persiapan nih. Bila seamless shift gerbox (SSG) yang diuji di Brno itu  digunakan di Indy, itu juga bagian dari siap-siap. Agar Rossifumi boleh imbangi percepatan motor dari gigi ke gigi yang nggak pake cemerlang. Rossi akan diuntungkan dengan kombinasi settingan yang ia dapat di tes di Aragon dan SSG yang bikin tenang akselerasi dan traksi selepas tikungan. 

Tanpa SSG pun ia sudah melatih fisik dan keterampilan menghadapi tikungan maut Indy dengan motor supermoto di dekat rumahnya. Ia telah mensimulasi tikungan khas Indy dengan kuda besi special engine tersebut. Ya di dalamnya menyerap taktik Marquez agar sama-sama gesit di sirkuit agresif macam di negara Paman Sam ini.   

Toh Marquez tetap tak peduli. Ilmu kira-kiranya, RC213V yang telah SSG lebih dulu dan dirinya klop dengan tipikal Indy. Ia akan pakai taktik gelantungan memiringkan dan menegakkan motor sesuai irama. Ritme banyak bergerak, namun motor tetap diam pada jalur inilah, dianggap para tetua MotoGP terhadap Marquez adalah kelebihannya. Misalnya disuarakan Kenny Roberts cs baru lalu. 

Marquez yakin seyakin-yakinnya mentalnnya sama sekali tidak tertekan dengan keberadaan teknologi girboks Yamaha. Tetap  memerlakukan lomba di Indy seperti laga rutin. Ia akan nikmati jalannya lomba yang nantinya akan rapat, andai M1 pakai SSG di Indianapolis. “Tanpa SSG saja, Jorge dan Valentino dekat-dekatan dengan saya.  Tapi tidak perlu menghiraukannya,” kata Marquez yang pengidola berat The Doctor.

Tuh sudah disebut… Lagian tulisan ini bukan bermaksud mengompori para penggemar masing-masing. Pada dasarnya, lomba di Indy layak ditunggu, sesamanya ngontot, tidak ada pembalap yang mau kalah. Belum lagi, kontestan dalam keadaan bugar dan fress lantaran istirahat panjang. Mekaniknya pun jernih otaknya untuk menyetel motor aduan. Mantap kan. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Rossi Bilang SSG M1 Enak Akselerasinya, Di Jumpa Pers

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Target Unik Dek Marquez, Bisa Kejar Rossi

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Merasa Santai, Marquez Tantang SSG Yamaha

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; Rossi Terima Tantangan, Yamaha Belum Terus Terang SSG

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Perjuangan Ducati Tiada Habisnya..!

MotoGP 2013 Indianapolis Amerika (Jelang): Rossi Latihan Garuk Tanah Sebelum SSG..!

MotoGP 2013 Indinapolis (Jelang); SSG M1 Rossi-Lorenzo Berubah Jadi Senjata Strategi

 

 

BAGIKAN