nhk

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Mesin Tersiksa 28 Laps, SSG Yamaha Paling Dinanti


ManiakMotor – Tak salah kalau sejak awal Valentino Rossi dan kubu Yamaha bilang trek Indianapolis bukan favorit mereka. Apa pasal cui?

Trek sepanjang 4,216 km itu mengamparkan 16 tikungan yang seluruhnya berkarakter low corners. Sepanjang balapan yang akan berlangsung 28 laps itu kinerja girboks dipaksa kerja keras. Mesin disiksa habis-habian karena akselerasi dituntut terus menerus seperti tak habis-habis.

Ini faktanya: sepanjang balapan pembalap dominan menggunakan gigi rendah, 1 sampai 3. Kalau dihitung-hitung, penggunaan gigi 1 terjadi dua kali, yakni R4 dan R16. R4 dimasuki dengan speed hanya 55 km per jam sedangkan R16 bisa dijelajahi dengan 80 km/jam. Selebihnya paling banyak pakai gigi dua dan tiga. Gigi bolong seperti milik sampeyan harus dihindari.

Dari praktek tahun  lalu, tak ada pacuan MotoGP yang sempat menggunakan gigi 4 dan 5 di Indianapolis. Itu tadi, treknya pendek-pendek antar tikungan sehingga dua-tiga-dua-tiga begitu terus. Trek panjangnya pun hanya 872 meter dan ditempuh dengan gigi 6. Hanya di bagian inilah persneling semua terpakai. Itu pun diawali tikungan lambat yang di ujung trek lurus para pengguna seamless shift gerbox  yang diuntungkan. Beda di tikungan terakhir pakai gigi tinggi, SSG bisa disaingi yang non SSG.

Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Itu sebabnya Yamaha bilang nggak favorit. Entah strategi atau apa, belum tahu. Terlebih sejak Honda pakai itu barang SSG yang bisa sangat mulus di gigi rendah dan langsung betot gaspol menuju tikungan berikutnya. Beda dengan M1 yang sempat jeda di setiap pergantian giginya. Ya, obatnya hanya teknologi yang sama dimiliki Honda.

Selain karakter tkungan itu, arah balap di Indy juga serong ke kanan alias melawan arah jarum jam alias anticlockwise. Tikungan kirinya ada 10. Seperti sudah diulas berulangkali, trek macam itu makanan empuknya Dani Pedrosa yang kidal. Doi bisa adaptasi cepat dan bisa rileks.

Makanya, tak salah kalau ia bilang sangat bersemangat menyongsong balap Indy, terelbih untuk kejar defisit poin dari adiknya yang mulai ‘nakal’, Marc Marquez. “Tak usah lagi sebut-sebut cidera bahu. Aku sudah siap sepenuhnya di Indianapolis. Pacuan kami pun selalu bagus di sana. Aku hanya perlu fokus,” tandas Pedrosa.

Fokus atau tidak nantinya Pedrosa tidaklah penting. Pasalnya, namanya balapan ya harus fokus Brosist kalau nggak mau klontang ke gravel. Di balapan kelas Motoprix aja juga begitu kok. Bagaimana peluang Honda, termasuk Marquez, juga bukan isu penting jelang balapan ronde ke-10 itu.

Yang penting dan ditunggu-tunggu adalah peranti baru M1 milik Rossi dan Jorge Lorenzo. Apakah masih pakai girboks standar yang waktu jedanya rata-rata 0,038 detik itu atau sudah beralih ke SSG yang jedanya tinggal 0,016 saat tes di Brno? Ayo-ayo, kita temukan jawabannya di menit-menit awal pada FP1 yang dihelat Jumat (16/8) pagi waktu Amrik tapi sudah 17 Agustusan alias Sabtu (17/8) dinihari di rumah sampeyan yang berbahasa Melayu, tidak termasuk orang Melayu tinggal di Barat. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Marquez Jual, Rossi Beli..!

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; Rossi Terima Tantangan, Yamaha Belum Terus Terang SSG

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Perjuangan Ducati Tiada Habisnya..!

MotoGP 2013 Indianapolis Amerika (Jelang): Rossi Latihan Garuk Tanah Sebelum SSG..!

BAGIKAN