nhk

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Paruh Musim Bikin Tegang, Rossi Punya Peluang

ManiakMotor – Paruh musim tahun ini MotoGP lebih hidup dengan munculnya Marc Marquez from Repsol Honda Team. Juga datangnya Valentino Rossi kembali ke Yamaha. Sembilan seri ke depan  masih ada lima kandidat yang bisa saja urutan kelimanya juara dunia yang dihuni Cal Crutchlow dari Yamaha Tech 3 yang tahun depan ke Ducati, berasal dari tim satelit.

Itu dengan segala kemungkinan di depan. Nggak ada yang tahu kan tiba-tiba gempa bumi selagi race, lalu Marc Marquez, Dani Pedrosa, Valentino Rossi malah masuk paddock, sementara Crutchlow tetap  nekat pusing-pusing sampai finish. Gempa macam begini terjadi tiga seri ke depan, hehe.

Itu andai, karena lomba sebelum bendera kotak-kotak dikibar tidak ada yang bisa memprediksi. Termasuk pembalapnya sendiri yang hanya berharap tampil terbaik. Nah, Crutchlow aja punya celah, apalagi Rossi yang ke-4 klasemen. Soal jumlah poinnya ada tuh di bawah tulisan ini. Hitung saja pakai kalkulator.

Masih ada 225 poin yang tersisa diperebutkan. Masuk Indianapolis, tinggal tunggu gebrakan  tim dan pembalapnya. Terutama perang phisikologis Yamaha dan Honda pada 6 – 7 Agustus bikin test di tempat berbeda. Masing-masing pun kurang terus terang terhadap hasil yang diuji. Ya, penonton kian penasaran. Tontonan MotoGP pun laku dan itu yang dimau oleh Dorna, promotor yang hidupnya dari rating balap ptotipe ini.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Tidak seperti tahun lalu yang hanya ada tiga pembalap yang berebut di depan. Yaknik Pedrosa, Lorenzo dan Casey Stoner. Tetapi dari Indianapolis ini Stoner berhenti perlawanannya karena cidera kaki yang parah akibat ditendang motornya saat sesi latihan. Ya berikutnya tinggal persaingan Pedrosa dan Lorenzo yang hasilnya sampeyan juga tahu.  

Saat ini Marquez yang memimpin klasemen. Ia bisa melewati Lorenzo dan Pedrosa di saat keduanya cidera. Di Indianapolis ini dengan berbagai obat khas Eropa yang bukan generik dan terapi canggih, keduanya diperkirakan akan pulih. Lha wong dokter patah tulang langganan pembalap papan atas Indonesia di Solo, bedah hari ini, dua minggu kemudian segar bugar bisa balap kembali kok, macam mana dengan ilmu dokter Eropa?

Bersamaan dengan itu dua sirkuit sebelumnya adalah milik Honda, terutama lagi SSG-nya. Wah, sampai kapalan jari mengetik seamless shift gerbox (SSG) milik Honda dan punya Yamaha diuji di Brno, Ceko, kemarin. Intinya ini teknologi dari F1 yang dibawa ke MotoGP. Bila sebelumnya dikenal dengan quick shifter yang memiliki sensor pemutus pengapian. Api tertunda, tekanan daya ke girboks berkurang dan sepatu pengungkit rasio mudah menggeser setiap reduksinya. Sedang SSG pengapian terus berlangsung dan murni mekanisme pada girboksnya.

SSG inilah yang bikin rame jelang Indianapolis, karena dengan teknologi tersebut bisa mempermudah dua Yamaha mengejar ketertinggalan poinnya. Sirkuit Indy tipikalnya masih sama dengan dua sirkuit sebelumnya. Juga berlawanan arah jarum jam. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013: Bukan Marquez, Tapi Luca Yang Gantikan The Doctor

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang); Tak Mungkin Strategi Rossi – Lorenzo Mengalah..!

MotoGP 2013: Ke Ducati, Crutchlow Sudah Menang di Awal, Rp 34 Milyar/Musim

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; SSG M1 Rossi – Lorenzo Vs SSG RC213V Marc – Pedrosa..?

MotoGP 2013: Tes Lanjutan di Misano, Honda Siapkan Perubahan Drastis

    

MotoGP World Standing 2013PDF

Pos. Rider Bike Nation Points
1 Marc MARQUEZ Honda SPA 163
2 Dani PEDROSA Honda SPA 147
3 Jorge LORENZO Yamaha SPA 137
4 Valentino ROSSI Yamaha ITA 117
5 Cal CRUTCHLOW Yamaha GBR 116
6 Stefan BRADL Honda GER 84
7 Andrea DOVIZIOSO Ducati ITA 81
8 Alvaro BAUTISTA Honda SPA 71
9 Nicky HAYDEN Ducati USA 65
10 Aleix ESPARGARO ART SPA 52
11 Bradley SMITH Yamaha GBR 51
12 Michele PIRRO Ducati ITA 36
13 Andrea IANNONE Ducati ITA 24
14 Hector BARBERA FTR SPA 24
15 Randy DE PUNIET ART FRA 19
16 Danilo PETRUCCI Ioda-Suter ITA 18
17 Colin EDWARDS FTR Kawasaki USA 17
18 Ben SPIES Ducati USA 9
19 Yonny HERNANDEZ ART COL 7
20 Alex DE ANGELIS Ducati RSM 5
21 Claudio CORTI FTR Kawasaki ITA 5
22 Karel ABRAHAM ART CZE 5
23 Michael LAVERTY PBM GBR 3
24 Bryan STARING FTR Honda AUS 2
25 Hiroshi AOYAMA FTR JPN 1
26 Javier DEL AMOR FTR SPA  
BAGIKAN