nhk

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Tanpa SSG di Indy, Berat Buat Rossi – Lorenzo


ManiakMotor – Bolak-balik SSG diomong-omongi. Akhirnya Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo akui itu barang memang mereka tes di Brno. Barangnya mantap dan bikin laju motor pun makin wantap. Tapi, kenapa kok belum bisa dipakai?

Dalam artikel terdahulu The Doctor sudah bicara banyak soal manfaat SSG yang kepanjangan dari seamless shift gearbox (SSG). Bukan merek susu dan bukan pula singkatan suka-suka gue atau sama-sama galau. “Yang jelas, saya dan Jorge ingin pakai secepatnya,” tukas Rossi. “Yoi cui, saya pun ingin cepat-cepat M1 dipasok dengan SSG musim ini agar bisa memenangi kejuaraan dunia. Untuk saat ini belum siap,” tambah Lorenzo.

Disimak dari omongan kedua pentolan Yamaha Factory Racing itu bisa disimpulkan kalau SSG saat ini belum terpasang permanen di jeroan mesin YZR-M1. Itu kan kata mereka, sebab siapa yang bisa periksa girboks M1, kalau bukan petugas pemerisksa teknik yang dikirim FIM ke MotoGP. Orang lain nggak boleh tahu.

Artinya lagi, tanpa SSG M1 bertarung di Indianapolis nanti dengan jeroan standar 2013 tanpa SSG yang perpindahan giginya masih ada jeda 0,038 detik. Bandingkan dengan RC213V milik Honda yang pakai SSG yang waktu jedanya hanya 0,009 detik. Padahal, karakter Indy sangat dominan tikungan lambat dengan mayoritas penggunaan gigi rendah dari 1 yang harus dipindah-pindah sampai 3 dan 4.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Hanya di trek lurus star/finish bisa menggunakan sampai top gear. Itu pun sekejap doang karena lintasan lurus itu cuma 872 meter, juga diawali dari slow corner. So, sangat sulit berharap Rossi-Lorenzo bisa melawan Dani Pedrosa-Marc Marquez di sana. Faktanya, dalam tiga musim terakhir seri Indy, Hondalah juaranya. Mau tak mau, punggawa M1 harus cari set-up dan strategi baru untuk melawan keunggulan teknis RC213V.

Meski hasil tes Brno positif dan pembalapnya ingin pakai secepatnya, bukan hal mudah buat Yamaha untuk segera memasok dan mempermanenkan SSG sampai akhir musim ini. Pasalnya, baik Rossi maupun Lorenzo sudah membuka empat dari jatah lima mesin musim ini. Sangat berisiko jika membuka mesin kelima alias terakhir sementara seri balapan tersisa 9 putaran. Kecuali kalau SSG itu bisa dicangkokkan dan dikembangkan pada mesin bekas.

“Saya tak tahu apakah itu bisa dilakukan pada mesin yang sudah dibuka atau tidak. Serius, saya ndak tahu. Jika harus menunggu mesin terakhir, berarti kami baru memasang SSG pada dua atau tiga seri terakhir, bukan sebelumnya,” tandas Rossi.

Dengan begitu Masbro, sepertinya tak boleh berharap M1 sudah mengusung SSG di seri Indianapolis yang hari ini sudah memulai perang di sesi FP1. Kecuali jika Rossi dan Lorenzo sengaja melempar info sesat untuk menyesatkan strategi kubu lain, dan tiba-tiba ternyata mereka pakai di Indy. Siapa tahu, namanya juga strategi perang, bohong sikit-sikit ya perlulah itu! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis: Crutchlow Ogah Komentari Rossi dan Dovi di Ducati

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Rossi Bilang SSG M1 Enak Akselerasinya, Di Jumpa Pers

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Posisi Rossi Dan Lorenzo Terpojok..?

MotoGP 2013 Indianapolis (Jelang): Target Unik Dek Marquez, Bisa Kejar Rossi

BAGIKAN