nhk

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Crutchlow, Ancaman Nyata Buat Valentino Rossi


ManiakMotor: Austin memang musibah buat Valentino Rossi. Apes terus sejak kedatangan sampai raceday. Terganjal paspor di bandara dan akhirnya tertinggal pesawat, The Doctor tak sekalipun punya kecepatan mumpuni di Texas, untuk ukuran motor pabrikan, Yamaha pula. Saat balapan, sial berlanjut dengan kerusakan rem M1-nya sehingga finish ke- 6 pun penuh perjuangan di sirkuit Austin, 21 April itu.

Lepas dari urusan musibah itu, tantangan buat Rossi memang berat. Selain kewajiban menghadang pasukan Repsol Honda dan teammate sendiri, Jorge Lorenzo, musuhnya kini bertambah. Ia adalah Cal Crutchlow, rider unggulan Inggris 27 tahun berbendera Monster Yamaha Tech3 Team.

“Saya terkejut ia begitu mudah melewati Stefan (Bradl). Ia tampil hebat, padahal tak ikut tes sebelumnya di Austin dan ia lebih baik dari saya,” komentar The Doctor yang dengan segera memasukkan nama Crutchlow untuk diantispasi pada GP Spanyol, Jerez, 3-5 Mei nanti.

Start dari urutan 8 di Austin, Rossi sudah menyodok ke posisi 6 pada pertengahan lap pertama. Mereka yang di depan adalah Dani Pedrosa, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Stefan Bradl, dan Crutchlow. Setelah sempat berganti formasi dengan Alvaro Bautista (Gresini Honda), Rossi sempat agak lama menguntit Crutclow di sepanjang lap 6, 7, dan 8. Meski sudah gaspol, The Doctor tak bisa menyusul Crutchlow padahal saat itu masalah rem dan getaran roda belum mampir di motor Rossi.

Pada lap 9, Rossi jadi saksi mata betapa mudahnya Crutchlow menyikat Bradl. Sebaliknya, Rossi tak berkutik di belakang Bradl. Ia hanya diasapi Bradl dari lap 9 hingga finish di akhir lap 21. Total 13 laps, Rossi jadi saksi betapa kemudian Bradl pun ampun-ampunan menguntit Crutchlow yang finish ke-4.The Doctor keteter lebih 10 detik.

Sebagai pembalap nonpabrikan, pencapaian Crutchlow terbilang istimewa. Speed-nya juga bersaing dengan Lorenzo sejak sesi latihan. Secara teknis, M1 miliknya jelas kalah canggih. Tapi, Crutchlow adalah pembalap yang tak pernah putus asa dan berjiwa petarung. “Dalam banyak kesempatan, kecepatan saya setara dengan Lorenzo. Ini bekal yang sangat baik menuju race berikutnya,” ujar Crutchlow dengan hanya menyebut Lorenzo, seolah juara dunia 2012 itu saja yang ia takuti di tim pabrikan Yamaha.

Dan, satu fakta lagi mengapa Rossi harus lirik-lirik Crutchlow di Jerez nanti. Dalam tes resmi Jerez 23-25 Maret silam, hanya Crutchlow yang mampu mengimbangi bahkan mengalahkan duet Rossi-Lorenzo di 3 Besar dan di semua sesi. Pada sesi terakhir Crutchlow justru tampil dengan waktu tercepat 1:39,511, mengalahkan Rossi 0,224 detik dan Lorenzo 0,594 detik di Jerez.

Dari uraian itu jelaslah kalau tantangan Rossi tidaklah ringan di Jerez nanti, mau seberapa besar pun kayakinannya di trek favorit itu. Bisa-bisa duel singkatnya versus Crutchlow di Austin bisa jadi duel panjang di Jerez. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Austin (Race); Rossi Soal Rem, Lorenzo Tidak Keburu Ganti Rasio

MotoGP 2013 Austin (Race): Marquez Tak Punya Rencana, Pedrosa Tak PunyaTaktik

MotoGP 2013 Austin (Race): YZR-M1 Tunggu RC213V di Jerez Beberapa Hari Lagi

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353