nhk

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Ducati Jajal Mesin dan Komponen Baru

ManiakMotor – Masih seperti dulu dan kemarin-kemarin, gerombolan pemacu Desmosedici GP 13 belum pantas bikin target prestisius di GP Spanyol, Minggu 5 Mei.

Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso boleh punya pengalaman apik di Sirkuit Jerez dan paham betul liak-liuknya trek Jerez sepanjang 4,423 km dengan 13 belokan itu. Soal skill pun tak boleh meragukan keduanya. Tapi, apa daya, spesifikasi teknis Desmosedici GP13 yang mereka geber belum setara dengan YZR-M1 punya Yamaha dan RC213V milik Honda.

“Motor ini sangat berbeda dengan pacuan yang sebelumnya saya pakai, sangat banyak bedanya. Karakternya lain. Tentu menyenangkan menghadapi tantangan baru seperti itu, tapi kami hanya bisa membuat perubahan hasilnya jika mampu membuat nilai lebih dari karakter yang berbeda itu,” papar Dovi yang musim lalu ditarik untuk menggantikan posisi Valentino Rossi.

Itu sebab Dovi ingin pengembangan signifikan agar performa Desmo bisa lebih garang di seri berikutnya, setidaknya dalam separoh akhir musim ini sebagaimana dipatok dan dicicil manajeman baru Ducati.

Setelah pakai sasis dan aerodinamik baru dengan mengubah desain tangki bahan bakar, kini Ducati bawa mesin dan komponen baru ke Jerez. Kabarnya ada dua tipe mesin yang dijajal di sana dan sejumlah part yang tentunya dirahasiakan. Tenu pula, tugas jajalnya bukan pada Hayden ataupun Dovi karena hal itu dilarang regulasi MotoGP.

So, tugas itu diberikan khusus pada tester Ducati Michelle Pirro yang sejak awal musim memang sudah dapat jatah wild card untuk geber motor spek MotoGP di GP Spanyol. Sekadar info, Pirro ini eks pembalap regular  CRT musim 2012. Tapi, tak jelas ia dibayar piro sebagai tester. Mungkin sama besarnya dengan gaji yang nulis cerita ini hehehe. Yang pasti nggak ada pertanyaan wani piro..?

Tadinya Pirro dislot jadi pengganti Ben Spies (Pramac Ducati) yang absen di Jerez lantaran sibuk merawat diri akibat kecelakaan beruntun di lintasan. Rencana itu berubah lantaran fungsi Pirro untuk ngetes jeroan baru Desmosedici GP13 dinilai lebih efektif ketimbang menggantikan posisi Spies.

Dengan demikian, bakal ada tiga Desmo milik tim pabrikan Ducati di Jerez pekan ini. Timsatelit Pramac Ducati hanya diwakili pembalap tunggal Andrea Iannone. Macam mana hasilnya, sudah sama-sama taulah kita lae! Namanya juga tim yang sedang berjuang. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Jelang Jerez: 9 Matador di Atas Podium, Tanpa Rossi?

MotoGP 2013 Jerez (Jelang); Rapat Sejak FP, Rossi + Crutchlow ‘Pengacau’ Matador

MotoGP 2013 Menuju Jerez; Valentino Rossi Ala Bisa Karena Biasa Di Jerez

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Lebih Kencang dari Rossi, Crutchlow Harus Ambil Kesempatan

 

BAGIKAN