nhk

MotoGP 2013 Jelang Le Mans: Persiapan Total, Pedrosa Ingin Gelar Perdana di Prancis

ManiakMotor –  Kemenangan di Jerez bikin lepas semua kegundahan hati Dani Pedrosa. Tak lagi stress berat seperti sebelumnya ketika dua kali beruntun dikalahkan si anak bawang Marc Marquez.

Tapi, itu tak berarti ia sudah puas dan oke-oke saja menghadapi pada seri berikutnya di Sirkuit Le Mans, Prancis, akhir pekan ini. Meski secara mengejutkan finish 1-2 di Jerez yang sebelumnya identik dengan Yamaha, ia merasa perlu bikin persiapan ekstra ke GP Prancis yang treknya mirip Jerez. Itu sebabnya Pedrosa menggunakan sesi tes sehari pasca lomba menjadi persiapan spesifik ke Prancis. Apalagi, ia pun belum puas dengan kinerja Honda RC213V-nya yang memang sudah kuat di beberapa area namun juga perlu peningkatan.

“Tak banyak rombakan pada motor. Tak ada juga penggantian komponen baru. Hanya perlu peningkatan kerja suspensi dan elektronik. Itu fokus saya saat tes lalu guna mendapatkan kestabilan dan grip lebih bagus pada roda belakang, khusunya saat ke luar tikungan,” ujar Pedrosa yang kemudian tak kenal libur jelang GP Prancis. Saban hari ia latihan fisik karena sadar stamina tak kalah penting.

Buat Pedrosa, GP Prancis sama vitalnya dengan GP Spanyol lalu. Ia harus siap total, fisik maupun mental. Kemenangan adalah target utama. Itu agar tak kembali tertinggal pamor oleh Marquez, tapi juga target pribadi untuk meraih kemenangan perdana di Prancis. Maklum, dari 8 penampilan MotoGP di Le Mans, Pedrosa belum sekali pun naik panggung sebagai juara. Ke podium pun baru dua kali musim 2006 dan 2009 sebagai finisher ketiga.

Ia optimis hasil musim ini akan berbeda. Acuannya adalah hasil Jerez (baru sekali juara pada 2008) yang karakteristik treknya tak banyak beda dengan Le Mans. Beragam set up dan kombinasinya telah disiapkan sejak Jerez dan tinggal menyesuaikan dengan cuaca Le Mans nantinya. Jika lintasan kering, bolehlah Pedrosa berharap banyak.

Kalau hujan seperti musim lalu, ya mungkin tos-tosan. Bukan hanya Yamaha yang jadi lawan, para pembalap Ducati dan tim satelit pun layak diwaspadai. “Pada prinsipnya persiapan sudah maksimal dan memadai untuk menyongsong seri Prancis,” tandasnya.

Itu demi gelar perdana di Prancis, juga demi terbukanya kembali peluang meraih gelar dunia pertama MotoGP tahun ini. Sebab, kalau bukan tahun ini, mungkin tak ada tahun esok buat Pedrosa. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Jelang); 10 Tahun Terakhir 6 Kali Hujan, Kering Banyak Yamaha

MotoGP 2013 Jelang Le Mans Prancis: Pakai M1, Rossi Melawan Teori

MotoGP 2013: Serang Espargaro, Crutchlow Pertanyakan Kebijakan Yamaha

MotoGP 2013 Jelang Le Mans Prancis; Lorenzo Olah Fisik Keras, Buat Siap-Siap..!

BAGIKAN