nhk

MotoGP 2013 Jelang Le Mans Prancis: 9 Races, 9 Spanyol, Promotor Mulai Ngeper

ManiakMotor – Tiga ronde awal kompetisi menggelar 9 races di tiga kelas, semua juaranya diborong rider Spanyol. Pembalap negara lain hanya jadi pelengkap, dan pasti dapat deritanya. Wah…wah…wah, terancam tak menarik nih balapan!

Dominasi Spanyol di kancah balap motor Grand Prix sepertinya sudah ‘keterlaluan’, Bro! Hitung saja hasil akhir tiga ronde awal di Losail, Austin, dan Jerez, semua gelar juara diambil anak Spanyol. Di beberapa kelas malah terjadi All Spanish Podium, termasuk di kelas premier MotoGP.

Biar lebih nyambung, ini daftar juaranya. Losail: Jorge Lorenzo (MotoGP), Pol Espargaro (Moto2), Luis Salom (Moto3). Austin: Marc Marquez (MotoGP), Nicolas Terol (Moto2), Alex Rins (Moto3). Jerez: Dani Pedrosa (MotoGP), Esteve Rabat (Moto2), Maverick Vinales (Moto3).

Makin ndak seru karena mereka itu pun bersaingnya dengan Spanyol-Spanyol juga. Itu bikin greget kompetisi hanya riuh di Spanyol. Luar Spanyol, ya begitulah! Indonesia juga loh. Katanya sih lama-lama bisa bikin bosan dan ngantuk.

Dorna selaku promotor pun menyadari akibat buruk MotoGP jika dominasi Spanyol terlalu kuat. Mereka ngeper kalau kehilangan penonton, yang ujungnya pasti juga sponsor, yang ujungnya lagi menyangkut kerja puluhan ribuan orang yang terkait di dalamnya. Perusahaan Spanyol ini pun kini makin aktif untuk melebarkan sayap ke beberapa Negara luar Eropa, khususnya benua Amerika dan Asia. Asia, misalnya, bisa saja tambah di masa mendatang dengan seri Singapore (pakai trek Johor), India, Korea, atau Thailand. Semuanya sedang pendekatan. Lha, Indonesia mana tuh?

“Itu memang tak baik. Tapi, saya pastikan sedikit pun tak ada upaya Dorna untuk mebuat Spanyol dominan. Tak ada prioritas buat pembalap Spanyol,” terang CEO Dorna Carmelo Ezpeleta yang asli Spanyol dan telah memimpin Dorna sejak awal.

Weleh, weleh, Pakde Ezpeleta rupanya lupa ya soal Marc Marquez yang bisa potong kompas dari Moto2 langsung ke tim pabrikan MotoGP. Regulasi yang sebelumnya mengharuskan rookie magang di tim satelit pun dihapus dan diperbaharui agar anak kesayangan Repsol (perusahaan minyak raksasa Spanyol) itu bisa mencicipi kondisinya seperti saat ini, antara lain menjadi pembalap termuda sepanjang sejarah yang memenangi MotoGP sekaligus termuda selaku pemimpin klasemen sementara. Pastinya, rekor-rekor lain akan muncul dan semuanya atas nama Spanyol.

Namun, Pak Ezpeleta itu masih saja ngotot kalau Dorna tak inginkan situasi macam itu. Jatah Spanyol yang dapat 4 seri lomba pun akan dikurangi. Sebaliknya, justru ingin pembalap potensial dari negara lain bermunculan. “Tapi, itu bergantung pada masing-masing negara untuk membina para pembalapnya. Kami hanya bisa memfasilitasi. Kami inginl ebih banyak pembalap antarnegara yang bersaing, sungguh!” tandasnya.

Ah, yang benar nih Pak? Andro

Berita Terkait

MotoGP Prancis 2013 Jelang Le Mans: Waduh, Ternyata Rossi Nggak Nyaman Dengan M1

MotoGP 2013 Le Mans Prancis: Bos Yamaha Kirim Pesan Buat Marquez, Apa Itu..?

MotoGP 2013 Jelang Le Mans (Prancis): Tanda Tanya dari Yamaha Hitam

MotoGP Prancis 2013; Marquez Tetap Merendah Ke Le Mans, Strategi Macan Tetap Bobo..!

MotoGP 2013 Jerez Jelang Race: Dari Stastik Anak Spanyol Juaranya..?

BAGIKAN