nhk

MotoGP 2013 Jelang Le Mans (Prancis): Tradisi Marquez, Podium atau Tubrukan?

ManiakMotor – Perasaan Marc Marquez pastinya campur-campur memasuki ronde 4 MotoGP di Le Mans, Prancis, 17-19 Mei. Hanya dua hasil yang biasa ia peroleh di sana: klontang atau podium.

Itu hasil 5 kali balapan Marquez di Le Mans yang terkenal dengan balap endurance-nya itu. Dua musim awal di GP125, Marquez harus menderita di Le Mans dengan jumpalitan di lintasan dan gagal mencapai finish. Itu pada debutnya musim 2008 dan 2009. Baru pada musim 2010 ia naik podium  3.

Uniknya, saat naik kelas ke Moto2 musim 2011, di sirkuit inilah kali pertama marquez meraih gelar juara. Kala itu ia dan timnya merayakan dengan luar biasa karena tiga penampilan sebelumnya sangat kacau.  Gagal finish di seri Qatar dan Spanyol, dan hanya finish urutan 21 di GP Portugal.

Mendadak juara di Prancis, itu seperti batu loncatan buat Marquez dan seluruh  awak tim Catalunya Caixa Repsol ke putaran-putaran berikutnya. Kemenanga demi kemenangan ia petik. Dari 13 seri lanjutan musim itu, ia finish podium 10 kali (6 juara). Kecelakaan lagi dan tak bisa ikut balapan di dua seri akhir membuatnya kehilangan gelar dunia pada musim itu.

Musim 2012, Le Mans lagi-lagi jadi arena sial buat Marquez.  Ia klontang di lap 15 dan gagal mencapai finish. Rekor buruk Marquez pun tambah di Le Mans, tiga kali DNF dalam lima penampilan. Dua lainnya sebagai juara.

Bagaimana di 2013, musim pertamanya di MotoGP? Itu sebuah penantian menarik mengingat karakter Marquez yang agresif masih sangat kental. Itu ia contohkan saat menyerang Jorge Lorenzo di Jerez dan hawa panasnya masih terasa jelang GP Prancis.

Jika gaya balap seradak-seruduknya masih dipelihara, tak mustahil debut MotoGP-nya di Le Mans akan berakhir seperti debutnya di GP125. Sebaliknya, bisa juga berakhir manis sebagai juara seperti pada debutnya di Moto2.  Untuk ringkasnya, ini statistik hasil Marquez di Le Mans. Musim 2008 gagal finish alias retire, 2009 (retire), 2010 (podium ketiga), 2011 ( juara), 2012 (retire).

Mari ditunggu mana yang akan terjadi pada Minggu (17/5) ini. Yang jelas, Marquez ini tengah memimpin klasemen pembalap dan tercatat sebagai pembalap termuda dalam sejarah yang bisa demikian. Jelas pula, ia ingin mempertahankan posisi teratas itu, dengan cara (kalau perlu) menyeruduk lawan. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Prancis; Le Mans Target RC213V Selanjutnya, Dari Awal Incar M1 Rossi

MotoGP 2013 Jelang Le Mans: Persiapan Total, Pedrosa Ingin Gelar Perdana di Prancis

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Jelang); 10 Tahun Terakhir 6 Kali Hujan, Kering Banyak Yamaha

MotoGP 2013 Jelang Le Mans Prancis: Pakai M1, Rossi Melawan Teori

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353