nhk

MotoGP 2013 Jelang Mugello: 5 Ducati Bidik 2 Peluang

ManiakMotor – Selain fans Valentino Rossi, Sirkuit Mugello di Italia, biasanya juga dipenuhi para pendukung fanatik Ducati kala GP Italia dihelat. Maklum Ducati dan Ferrari masih satu sodara zaman dulu. Dua-duanya produksi Italia. Apalagi, Mugello adalah sirkuit Ferrari. Nah, ini kesempatan buat Andrea Dovizioso yang juga Italino di kandang.

Meski kepemilikan dan manajemennya sudah dikuasai perusahaan Jerman,  Ducati tetap saja tim pabrikan Italia. Kan pabriknya masih di sana, pekerjanya pun masih mayoritas Italia. So, GP Italia bisa dibilang sebuah pesta buat Ducati.

Itu sebab Ducati bersiap khusus ke Mugello. Awal bulan lalu, misalnya, Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden bikin latihan privat di trek ini khusus untuk susun setingan buat Desmosedici GP13. Meski secara teknis masih kalah dari RC213V dan YZR-M1, siapa tahu magis Mugello bisa membuka peluang Desmo ke baris depan. Khususnya buat Dovizioso. Tiga tahun terakhir ia sukses naik podium di Mugello. Bersama Repsol Honda jadi runner-up musim 2010 dan 2011, serta podium ketiga bersama Monster Yamaha Tech3 musim lalu.

Bisakah menyusul podium dengan Ducati? “Kesempatan selalu ada meski pacuan kami masih harus dikembangkan untuk mengejar Honda dan Yamaha. Tes sebelumnya sangat positif dan aku harap banyak berguna dalam balapan nanti,” tutur Dovi yang di GP Prancis lalu nyaris podium jika tak disikat Marc Marquez jelang akhir lomba.

Pentingnya GP Italia 2-6 Juni ini tak hanya buat Dovi, tapi bagi Ducati secara keseluruhan. Mereka akan tampil plus kali ini dengan menurunkan 5 unit Desmosedici ke lintasan. Selain tim utama, tim satelit Pramac Ducati juga turun lengkap. Andrea Iannone kini ditemani Ben Spies yang sudah mulai pulih dari cederanya. Satu motor lainnya dikendalikan tester Michele Pirro yang menggeber Desmoedici versi terbaru dengan jeroan serba baru mulai mesin, rangka, elektronik dan teman-temannya.

Untuk lebih ngejreng melakukan tes dan pengembanganya,  Pirro akan ikut semua sesi Mugello dengan status wild card. Status sama yang ia dapatkan di GP Spanyol lalu.

Ini peluang Pirro untuk pengembangan lebih lanjut motor yang baru keluar dari laboratorium Ducati itu. Agar Ducati bisa lebih kompetitif jelang akhir musim ini sebagaimana proyeksi manajemen Audi Group selaku pemilik tim.

Jadi, dari 5 Desmosedici yang turun bareng ini, yang patut dicermati adalah pacuan Dovi dan Pirro. Dua-duanya punya kepentingan dan bidikan berbeda. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; Honda Akan Dijual Ke Perorangan 2014, Diuji Di Motegi Jepang

MotoGP 2013 Jelang Mugello: Belum Nendang Dengan M1, Rossi Mulai (Lagi) Omong Balap Mobil

MotoGP 2013 Jelang Mugello; Sirkuit Cepat Tempat Rossi 7 Kali Juara, Data Honda Kinclong

MotoGP 2013: Suzuki Super Sibuk di Motegi, Hadir Pula Bos Rossi

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353