nhk

MotoGP 2013 Jelang Silverstone: Kalah Lagi, Selesai Sudah Lorenzo


ManiakMotor – Ingat kata-kata Valentino Rossi di awal musim? Ia bilang kalau tak klontang atau cidera, akan sangat sulit menghentikan laju Marc Marquez. Sepertinya benar 100% omongan The Doctor. Marquez merajalela dengan 10 podium dalam 11 lomba, lima di antaranya juara. Hanya di Mugello tak finish gara-gara kelontang di lap terakhir.

Jika menang lagi di Silvertone akhir pekan ini, maka lawan berikutnya Marquez untuk berebut gelar juara dunia bukan lagi Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo, tapi dirinya sendiri. Sekarang saja doski sudah unggul 26 angka dari Pedrosa dan 44 poin atas Lorenzo. Teorinya perebutan gelar memang belum berakhir dalam 7 sisa balapan musim ini. Tapi, prakteknya, jika Marquez tak kelontang atau cidera, rasanya mustahil menghentikan lajunya. Pedrosa memang mash punya peluang, tapi untuk Lorenzo hanya keajaiban yang bisa menolongnya.

“Itulah bedanya kami dengan Marc. Ia tak pernah cidera dan fit 100% di setiap balapan. Beda dengan Dani dan saya yang tidak fit dalam 3 dan 4 balapan. Jadi, wajar saja kalau Marc sangat berpeluang jadi juara dunia musim ini. Ia sekarang memimpin dan selalu fit 100%,” komentar Lorenzo.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Lorenzo tentu tak mau bilang Marc harus cidera dalam beberapa race ke depan, namun itu yang harus terjadi agar peluangnya tetap hidup.  Hitung-hitungannya begini. Jika menang 7 kali beruntun dalam tujuh laga sisa, poin Lorenzo barulah 334. Sebaliknya dengan Marquez, andai finish runner up saja di setiap balapan maka poinnya jadi 353, tetap di atas Lorenzo.

Pertanyaannya, mungkinakh Lorenzo sanggup jadi juara beruntun di tengah makin dominannya Honda saat ini? Apa iya juga sih Marquez tak bisa petik satu dua kemenangan lagi? Karena itu wajib buat Lorenzo petik poin penuh di Silverstone. Jika komposisi podium seperti di Brno lalu, ia hanya ketiga, teorinya tamat sudah perjuangannya berebut gelar. Tinggal antara Marquez dengan Pedrosa, dan favorit tetap pada Marquez sampai pada akhirnya nanti posisi Pedrosa sama seperti posisi Lorenzo, tapi masih melihat hasil ronder 12 ini untuk DP.

Marquez sendiri jelas paham pada situasi yang dihadapi Lorenzo. Itu pula sebabnya di Silverstone ia lebih fokus pada Lorenzo ketimbang pesaing lainnya. “Ia pasti tarung habis-habisan untuk juara di Silverstone. Saya sendiri belum tahu bagaimana kondisi nanti, yang pasti harus bersiap maksimal sejak sesi latian agar bisa melawannya,” tutur ruki berusia 20 tahun itu.

Lorenzo juara di Silverstone, hanya itu yang bisa bikin rivalitas Yamaha dan Honda dalam perebutan gelar tetap menyala. Jika Marquez lagi yang menang atau setidaknya finish di depan Lorenzo, bisa dibilang itulah saatnya Lorenzo selesai. Sebab, setelah itu hanya kecelakaan dan kemudian cidera yang bisa menghentikan laju Marquez. Jika tak ada insiden, ia bakal tetap merajalela tanpa harus peduli penonton bakal bosan atau ndak dengan dominasinya. Yang penting kan gelar dunia, namanya juga kompetisi gitu lho Bro! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Silverstone Inggris (Jelang): Yamaha Serius ‘Balas Dendam Nih..!

MotoGP 2013 Silverstone Inggris (Jelang); Harusnya Cerita Rossi-Lorenzo, Sirkuit Kilat..!

MotoGP 2013 Jelang Silverstone Inggris; Pedrosa Menantang Siapa Saja..!

BAGIKAN