nhk

MotoGP 2013 Jelang Silverstone: Perang Sesama RC213V, Duel Panjang MM vs DP

ManiakMotor – Untuk mempertegas diri, Honda kembali incar finish 1-2 di Silverstoe, 1 September ini. Masalahnya, siapa nomor satu dan siapa pula nomor duanya?

Marc Marquez dan Dani Pedrosa sama-sama bernafsu memenangi seri Silverstone. Marquez untuk bikin rekor lain sekaligus memperuncing posisi menjadi jadi juara dunia 2013. Sementara Pedrosa pun harus menang agar tetap berada di jalur juara. Itu yang terbersit dari ocehan mereka saat jumpa pers jelang lomba.

Bercermin dari seri sebelumnya, jelas peluang Marquez tak diragukan meski ia bilang selalu terkendala saat main Moto2 di trek 5,9 km itu. Asal tak turun hujan, bisa jadi Marquez lagi yang tersenyum lebar di atas podium. Dan, asal tahu saja, ia tak sebut-sebut Pedrosa sebagai pesaing. “Yamaha selalu kuat di sirkuit ini. Jorge (Lorenzo) pasti mati-matian memenangi balapan, Cal (Crutchlow) pun layak diperhitungkan karena dapat dukungan penuh penontonnya,” kata Marquez.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

MM berjanji akan berusaha keras menyiapkan set up motor sejak sesi pertama Jumat (30/8) ini agar lebih oke saat dipacu balapan sebenarnya. Dan, jika menang lagi, lajunya akan semakin enteng menggapai trofi 2013. Hal sama berlaku bagi DP. Defisit 26 angka dari MM, tak ada cara lain baginya untk memenangi balapan.

Asumsinya MM sebagai unggulan, maka DP harus pol-polan fight dengan yuniornya di Repsol Honda itu. Sayangnya, kiprah DP di GP Inggris sama sekali tak mengilap. Ia selalu kesulitan di Silverstone, sirkuit cepat yang disebut-sebut cocoknya dengan karakter Yamaha itu. Buktinya, ia tak pernah menang di sana. Beda kalau GP Inggris digelr di Donington Park seperti sebelumnya, Pedrosa punya sejarah kemenangan seperti musim 2006.

“Trek ini selalu menguras kerja ban, selalu dingin dan acap hujan. Tapi, perpindahan jadwal ke Agustus (sebelumnya Juni), mungkin cuacanya bisa lebih bersahabat. Yang pasti, saya makin siap tarung dari sisi fisik maupun mental. Setiap hari kondisi saya semakin baik sering dengan latihan fisik yang juga semakin keras,” tegas DP yang belum pernah mencicipi gelar juara dunia MotoGP, dan kesempatan musim ini pun dipersulit oleh hadirnya Si Marquez itu.

Biarpun setim, tak ada istilah team order di Repsol Honda untuk membantu pembalap yang mereka dorong jadi juara dunia. Kedua rider-nya bebas bertarung untuk diri dan reputasi mereka sendiri. Dan, dengan pakem macam itu plus situasi terkini, duel MM-DP sepertinya akan tersaji lebih memikat di Silverstone. Bakal lebih hot dan lebih panjang dari sebelumnya karena DP kini punya stamina yang lebih ngejreng. Nyok, lihat saja nanti! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Jelang Silverstone Inggris; Rossi Ingin Ke Depan Di Sirkuit Cepat..!

MotoGP 2013 Silverstone: Songsong Start Ke-100, Dovi Pasrah di Ducati

MotoGP 2013 Silverstone: Laga Emosional Crutchlow, Maunya Jadi Sensasional

MotoGP 2013 Silverstone Inggris: Kalau Hujan, Marquez Bisa ‘Habis’

 

BAGIKAN