nhk

MotoGP 2013 Jelang Spanyol: Manisnya Ducati di Catalunya, Tapi 10 Tahun Lalu

ManiakMotor – Meski aslinya tim pabrikan Italia, Ducati selalu merasa Sirkuit Barcelona, Spanyol, seperti milik sendiri. Di sanalah Desmosedici menggelinding kali pertama, meraih kemenangan perdana, dan sekarang entah akan meraih apa.

Serial Desmosedici, pacuan khusus Ducati di MotoGP, melakukan uji coba resmi perdananya saat winter test Barcelona 2003. Modelnya Desmosedici GP3 (ikut tahun 2003), pengujinya Loris Capirossi (Italia) dan Troy Bayliss (Australia). Hasilnya, decak kagum para pemerhati MotoGP bermunculan sampai diurai 1.999 item semua suku cadangnya.

Seri pembuka musim itu di Suzuka, Jepang, Capirossi langsung bawa Desmosedici ke podium. Ia finish ke-3 di bawah Valentino Rossi (Honda) dan Max Biaggi (Honda juga). Dan, di seri selanjutnya di Catalunya, Capirossi meraih kemenangan perdana dan bersejarah buat Ducati. Ia kalahkan Rossi dan Sete Gibernau (Honda).

“Itu kenangan manis setiap kali kami ke Catalunya. Saat test saja, kecepatan kami sudah menarik perhatian. Kini kami kembali untuk merayakan 10 tahun Ducati di MotoGP, yang dimulai dari Catalunya,” kata Vittoriano Guareschi, manajer Tim Ducati yang jadi saksi bersejarah di Catalunya itu.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Tak relevan berharap Ducati bisa kembali mendulang sukses juara di Catalunya. Pengembangan Desmosedici GP13 yang dicicil-cicil belum menghasilkan perubahan signifikan buat Andrea Dovizioso maupun Nicky Hayden. Dan, itu diakui Guareschi. “Kami semua tengah di bawah tekanan. Sibuk luar biasa di antara balapan, testing dan pengembangan. Kami telah menguji spek baru di Mugello dengan hasil menggembirakan, dan ingin kami perbandingkan di Barcelona,” tegasnya.

Sayang, spek baru itu tak bertarung untuk balapan, tapi hanya tes ulang sehari setelah GP Catalunya. Dovi, Hayden dan para rioder Pramac Ducati tetap memakai versi lama utuk melawan pasukan Spanyol berbekal Yamaha (Jorge Lorenzo) dan Honda (Dani Pedrosa dan Marc Marquez).

Belum apa-apa, Dovi dan Hayden pun sudah memprediksi bakal susah di Catalunya. Boro-boro bikin menang seperti 10 tahun lewat. Desmo 13 dinilai lemah di trek Barcelona yang menyaijikan mayoritas tikungan cepat.

“Roda belakang kami kerap bergeser dari line pada model tikungan macam itu. Saya tak bisa memprediksi banyak hal karena belu pernah naik Desmo13 di trek itu. Yang jelas, trek ini sangat menarik dan menantang skill pembalap. Wajib hukumnya untuk berjuang sebisa mungkin dan berharap hasil terbaik,” terang Dovi yang sudah mulai merangsek ke posisi 5 Besar klasemen sementara.

Hayden lebih parah lagi, sekadar berjanji pun tak berani. “Saya tak pernah bisa tampil bagus di Catalunya, selalu bermasalah. Khususnya di tikungan cepat yang justru terpenting di trek ini,” katanya.

Lantas, kado apa yang bisa diberikan Dovi – Hayden dalam rangka 10 tahun Desmosedici di Catalunya? Silakan tanya Eyang Bubur, mungkin ia tahu! Andro

MotoGP Catalunya 2013 (Jelang): Ada Potensi Ledakan di Kubu Honda

MotoGP 2013; Sirkuit Catalunya Tempat Duel Sengit Rossi – Lorenzo 2009, Mungkinkah Terulang?

MotoGP 2013 Catalunya Spanyol; Pedrosa Tak Mau Prediksi, Penonton Mendukungnya

MotoGP 2013; Rossi Latihan Fisik Terus Dengan Motocross, Persiapan Catalunya Spanyol

BAGIKAN