nhk

MotoGP 2013 (Jelang Tes Brno & Motegi): Hmm, Yamaha ‘Siapkan Mata-Mata’ di Sekitar Stoner

 

ManiakMotor – Kita di sini sibuk mudik, sebagian anak-anak MotoGP sibuk tes. Sebagian di Brno, Ceko, sebagian lagi di Motegi, Jepang. Ramai Bro, banyak yang serba rahasia. Beda dengan di sini lagi ribut THR.

Tes Yamaha di Brno sudah jauh hari terjadwal pada 6-7 Agustus. Programnya untuk tes SSG yang didambakan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Bagaimana hasilnya, pasti akan dirahasiakan detilnya, apalagi bedahan teknisnya. Ini soal tekno super tinggi, top secret-lah istilahnya.

Sekitar 9.000 km dari Brno, tepatnya di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Casey Stoner pun bakal geber RC213V kali pertama sejak di GP Valencia musim lalu. Untuk apa Stoner yang katanya pensiun itu datang lagi, sudah diulas berkali-kali di portal ini. Entah rahasia apa pula yang yang akan dimainkan Stoner dan kubu Honda kali ini. Yang jelas, mendatangkan Stoner itu muncul setelah Yamaha bilang mau tes SSG di Brno.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Belakangan Brosist, persisnya baru hari ini dirilis beritanya, Yamaha pun bikin program susulan bahkan terkesan dadakan di Motegi. Mereka kirimkan test rider Katsuyuki Nakasuga dan Wataru Yoshikawa untuk tes di Motegi, di sekitar Stoner. Tak disebutkan apa saja yang mereka tes, pokoknya tes gitulah.

Yang pasti Nakasuga dan Yoshikawa akan didampingi tim teknis untuk menganalisa semua yang terjadi.  Boleh jadi untuk mengamati pula apa saja yang dilakukan Honda dengan Stoner. Dari suara knalpot RC213V itu saja nanti mereka sudah tahu kira-kira apa yang berubah dalam pacuan lawan itu. Maklum, kuping mekanik!

Karena tak ada program jelas yan diusung para test rider itu, lantas untuk apa Yamaha menurunkan tim di Motegi? Mungkinkah untuk memata-matai aksi Stoner? Ah, itu sih pertanyaan iseng awak portal ini saja. Jawabannya, terserah sampeyan sajalah.

Berita lain, Suzuki yang mau tancap gas lagi di MotoGP2015 juga ikutan tes di Motegi. Yang besut prototype Suzuki 1000cc itu adalah Randy de Puniet. Kalau yang ini programnya jelas, yakni melanjutkan pengembangan setelah tes sebelumnya di Motegi, Barcelona, dan Aragon.

Konsentrasi Suzuki kali ini adalah mengembangkan ECU buatan Mitsubishi di motor mereka, sekaligus juga mencoba keandalan ECU buatan Magneti Marelli. Sementara begitu dulu jalan ceritanya Masbro, mungkin saja di hari pertama nanti sudah ada sedikit rahasia yang terbongkar. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Spies Bisa Ditepis, Redding Berancang-Ancang

MotoGP 2013; Tunggu Rossi Bilang ‘Wantap..!, Hasil Test SSG M1 Brno

MotoGP 2013 Jelang Stoner Latihan Motegi; Kenapa Bukan Oztrali?

MotoGP 2013: Mudah Beradaptasi, Bekal Crutchlow di Ducati

BAGIKAN