nhk

MotoGP 2013 Jelang Tes SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Harusnya Berhasil Ada Burgess

ManiakMotor – Sirkuit Brno, Ceko yang dipilih untuk test privat seamless shift gearbox (SSG) Yamaha M1 Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, karena tipikalnya. Testing dijadwalkan berlangsung 6 – 7 Agustus 2013 itu, belum tahu hasilnya diumumkan atau tidak. Berharap saja diumumkan, semoga juga dengan data tekniknya…

Brno  walau lebih panjang dari sirkuit Sachsenring, Jerman dan Laguna Seca, Amrik, tapi SSG akan teruji betul di situ. Makanya dipilih agar tidak sia-sia buang duit sendiri bayar sirkuit. Ini test perorangan bro, rahasia. Panjang trek Brno 5.403 meter dibagi 14 tikungan. Sedikit memang hambatannya. Pembagian tikungan hampir sama rata sama panjang dengan hanya 636 meter trek lurusnya.

Tetapi keluar dari tikungan selalu diawali gigi rendah. Perhatikan saja gambarnya. Bila sebut sampai gigi rendah  banyak terjadi perpindahan gigi yang bisa diatasi dengan SSG. SSG karya Yamaha Factory Racing (YFR) diyakini dan bisa disimpulkan di Brno ini. “Ya, tunggu saja hasil test, oke atau tidak,” kata Lin Jarvis, direktur YFR.

Melihat, walau belum pernah kelihatan SSG di RC213V saat pindah percepatan, tenaga tidak terputus. Maklum, sistemnya bukan sensor untuk mematikan pengapian memberi kesempatan girboks terbebas dari daya. Teknologi SSG RC213V seperti yang beredar, mekanisme gigi rasionya terus berputar walau sepatu pendorong (drum) setiap tingkatan rasio bekerja.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Tolenransi perpindahan itu  0 (NOL). Perubahan kecepatan yang terdengar pindah gigi semata perbedaan perbanding jumlah gigi rasio. Transfer rasio ke tingkat berikutnya nggak ada jeda. Sama juga dengan SSG yang akan ditesting YFR, walau berbeda konstruksi, tetap saja tujuannya sama, mengganti yang sekarang memutus proses pembakaran.

Ketemu sirkuit Brno dari R4 ke R5 kinerja SSG yang diuji YFR sudah mulai terdeteksi. Apalagi mengarungi R5 dan puncaknya keluar dari R9 akan jadi fokus time berhasil tidaknya SSG mereka.

Tentu saja pembanding waktunya Honda tahun lalu setiap sektor. Juga ada tolok ukur M1 tanpa dipasangi SSG pada test yang sama. Namanya juga riset, ukuran-ukurannya harus tersedia.

Kata Jarvis menunggu hasil test ini, harusnya SSG M1 lebih cepat ketemu. Iingat ya, bukan hanya Honda pengguna SSG sekarang, Ducati juga iya. Paling tidak, kru Rossi saat ini yang dipimpin Jeremmy Burgess yang pernah bongkar-bongkar itu motor dua tahun lalu, tahulah cara kerja alat tersebut. Jadi lebih mudah risetnya. Mudah buat mereka, gelap buat kita, termasuk saya. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013: Espargaro Harus Siap Gantikan Rossi, Pembibitan Yamaha

MotoGP 2013: Tak Marah Pada Yamaha, Crutchlow Ingin Menang Buat Tech3

MotoGP 2013: Yakin Masih Jago, Rossi Nambah 2 Tahun di Yamaha, Sampai 2016

MotoGP 2013; Peluang Crutchlow Menaklukkan Understeering Ducati

MotoGP 2013: Poncharal Sedih Ditinggal Crutchlow, Espargaro Pastikan Diri di Yamaha


 

BAGIKAN