nhk

MotoGP 2013 Jelang Tes SSG M1 Rossi-Lorenzo Di Brno; Nanti Hasilnya??? Belum Tau..!

 

 

ManiakMotor – Barang baru onderdil racing yang diyakini meningkatkan performa, jelas bikin dag-dig-dug para pelaku ingin secepatnya meencoba. Macam itulah pengumuman Yamaha Factory Racing (YFR) yang akan ujicoba seamless shift gerbox (SSG) versi mereka 6 – 7 Agustus di Brno, Ceko.

Tidak perlu ditanya pada Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo,  dua jago YFR ini sodari dari lama minta SSG agar tidak diasapi di trek-trek yang perubahan gigi rendah ke tinggi berlasung terus-terusan. “Pada dasarnya Yamaha harus sudah menggunakan giboks itu. Tapi saya bukan dalam posisi menuntut,” jelas Valentino Rossi akhir tahun lalu ketika doski kembali dan kembali lagi ke Yamaha.

Apakah teknologi versi mereka bisa mengimbangi SSG Honda RC213V? Belum tahu! Karena belum tahu itu, mereka ingin tahu segera. Apalagi bisa menyambung semua gigi rasio kendati ada pindah gigi? Belum tahu juga. Nah, kalau bilang belum tahu mulu ngapain you tulis? O, o, o… karena ooo karena, belum tahu itu enak digosipkan pak bro dan jack bro.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Makin tak sabar karena bos YFR Lin Jarvis saat cuap-cuap and woro-woro SSG jelang MotoGP di Laguna Seca menekan, pada safety. Girboks yang diisi susunan gigi rasio memang vital dalam material dan konstruksi. Harus aman, titik! Apalagi teknologi baru? “Penentuan siap tidaknya adalah rancangan girboks dan aman digunakan pembalap,” kata Jarvis saat itu yang sekalian menjawab belum tahu kencang atau tidak pakai SSG.

Yamaha jelas tidak punya pengalaman apa-apa soal SSG. Itu dibanding Honda yang ada sosok Shuhei Nakamoto yang mantan teknisi F1. SSG telah ada di jet darat itu sejak Nakamoto di sana. Akhir cerita dan kata tapi silakan baca terus, sekarang barang yang toleransinya nol saat pindah gigi itu nancep pada RCV Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Sorry brosist penggemar Yamaha. Karena ketidak tahuan ini, YFR tertinggal dua tahun soal elmu SSG. YFR lebih banyak berkutat melawan dengan teknologi suspensi dan sasis ketimbang mengembangkan SSG. Baru sadar ketika melihat pembalapnya yang di atas kertas punya skill mumpuni dieret-eret di sirkuit yang banyak akselerasi dari gigi rendah di 9 seri lalu tahun ini.

Ya begitulah soal tes SSG Yamaha yang belum berlangsung. Semoga diumumkan hasil dan fakta teknisnya, hehehe, mana mungkin. Maklum, bikin alatnya tidak seperti datang ke tukang bubut di depan rumah. Proses konstruksinya saja, pasti bikin pusing Yamaha mencari tahu ke mana-mana dan mungkin memakai jaringan bisnis YFR ke F1. Lha kalau nanya ke Honda ya mana dikasih bro. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013; Mesin Ke-5 M1 Rossi-Lorenzo Disimpan Untuk SSG..?

MotoGP 2013 Strategi Paruh Musim; M1 Kejar Trek Pendek, RC213V Uber Trek Panjang

MotoGP 213 Furusawa Di Kubu Rossi Di Amrik, Hubungannya Dengan SSG M1..?

MotoGP 2013 Laguna Seca (Race); SSG Honda Kuat Tanjakan, SSG Yamaha Kata Rossi Tunggu Saja..!

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Jika SSG M1 Rossi Dan Lorenzo Sudah Terpasang

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Demi Lorenzo dan Rossi, Yamaha Bakal Luncurkan SSG

 

BAGIKAN