nhk

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Kolaborasi Elekronik M1 Rossi–Seki, Kebangkitan 2014

 

ManiakMotor – Penanggung jawab elektronik Yamaha YZR-M1 khusus untuk Valentino Rossi, peran Kazutoshi Seki sama sekali tak bisa diabaikan. Ia berada di belakang layar saat The Doctor meraih 4 gelar juara dunia dengan Yamaha dan kini keduanya menatap musim 2014 dengan harapan terbentang luas.

ECU atau Electronic Control Unit bagian vital motor balap modern. Peranti canggih itu pengatur distribusi performa dari semua aspek. Membaca data, menganalisa, dan memodulasi pergerakan seluruh komponen. Sampeyan bisa maklum, kabel putus seperti dialami Dani Perosa di Aragon, bisa membuatnya highside yang luar biasa.

Sedemikian canggih, maka hampir semua hal dalam status top secret alias sangat rahasia, termasuk sang operatornya. Seki ketahuan sebagai electronic engineer-nya Rossi, tak lain karena sosok The Doctor yang dewanya MotoGP. Seputar Rossi dianggap penting dan diudek-udek media. Jangankan para mekanik andalnya macam Jeremy Burgess dan Seki, anjingnya pun jadi liputan, kok.

 Sejak tahun ini, Seki dikembalikan ke kubu Rossi. Tapi, mengapa 2013 ini tak banyak yang bisa dilakukan? Rossi hanya menang sekali di Assen dan mengunci  4 Besar klasemen musim ini. Salah satu faktornya Seki dan ECU-nya itu. Kalau sampeyan inga-inga lagi, kembali ke Yamaha akhir tahun lalu Rossi bilang ia harus adaptasi total pada perubahan  M1 yang 1000 cc, terlebih ECU-nya. Belakangan banyak cerita rem, mungkin ECU-nya belum selaras bacanya. “Terpenting diketahui apakah masih layak tarung di papan atas atau tidak.  Jika kecepatan tak terlalu jauh dari Jorge, musim 2014 bisa bicara soal juara,” kata Doctor kala itu. Ingat nggak ucapannya?

Yang terjadi sekarang ini ya persis begitu. Sepanjang musim VR46 terkendala settingan, dan itu bicaranya pasti dengan ECU yang ditangani Seki. Seki sendiri seperti perintah tim, tak banyak omong dan sama sekali tak bisa bicara detil soal tanggung jawabnya.

Selama balapan, misalnya, mata dan fokus Seki hanyalah pada monitor komputer dengan telemetrinya. Mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa semua data sirkuit dan pacuan Rossi untuk memprogram setingan mumpuni. “Sudah pasti karakter mesin kami ubah dan selalu disesuaikan dengan sirkuit dan cuaca,” kata Seki yang seperti disebut, harus pintar-pintar jaga rahasia dan tak boleh banyak cakap.

Yah, itu mah semua pembaca maniakmotor.com juga sudah tahu Bro! Terus, macam mana 2014? Nah, ini yang jawab The Doctor. “Kecepatan saya membaik dan semakin mendekati motor Jorge.  Yang penting, tahu peta pesoalan dan tinggal mencari solusinya. Saya yakin itu akan teratasi,” papar Rossifumi  yang kabarnya  sudah bersiap perpanjang kontrak hingga 2016 jika performa pada 2014 membaik.

Seperti sampeyan tahu juga, sebagian besar masalah The Doctor musim ini adalah pengereman masuk tikungan dan akselerasi keluar ikungan. Padahal, ia adalah rider yang terkenal jago tikungan. Kini sudah semusim pasangan Rossi – Seki beradaptasi, tinggal tunggu macam apa hasil kolaborasi mereka musim depan. Harusnya makin mantaplah ya Bro, masa mau adaptasi terus hehehe! Andro

BACA JUGA

Moto2 2013, Doni Tata Disepak Dari Gresini 2014, Program Beda Dengan Topan

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Marquez vs Lorenzo, Berharap Pada Yang Tidak Diharapkan

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Marquez Vs Lorenzo, 5 Spanyol Berebut 2 Gelar Sisa

MotoGP 2014: Brasil Terancam Out, Aragon Maju Sepekan

MotoGP 2013 Jelang Final: Lorenzo Juara Valencia, Marquez Juara Dunia, Kata Poling

 

 

 

BAGIKAN