nhk

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Lorenzo vs Marquez, Contohnya Rossi dan Doohan..!

 

ManiakMotor – Sepanjang sejarah balap kelas para raja, ada 16 kali perebutan gelar yang berlangsung sampai seri terakhir. Ke-16-nya antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez di sirkuit Valencia, Spanyol, 10 November ini. Maaf di MotoGP.com hanya disebut 15, karena cerita Lorenzo vs Marquez belum bisa diceritakan dan belum terjadi. Diprediksi sih bisa. 

Sebanyak 13 sejarah, dimenangi pembalap yang memimpin klasemen. Hanya dua gelar jurdun yang diraih dengan drama pembalap penantang di klasemen. Keduanya justru menimpa pembalap sekaliber Mick Doohan dan Valentino Rossi yang pelanggan juara dunia.

Nasib nahas Doohan terjadi pada musim 1992. Doohan di atas Honda memasuki putaran terakhir di Kyalami, Afrika Selatan, unggul dua poin atas Wayne Rainey (Yamaha). Ia hanya perlu finish di depan Rainey untuk mengunci gelar dunia. Tapi, ironisya, Doohan finish ke-6 sedangkan Rainey skses ke-3. Rainey sang penantang pun jadi juara dunia dengan selisih 4 poin dari Doohan. 

Mirip The Doctor yang kisahnya sudah dimuat portal ini. Ia menuju final Valencia musim 2006 dengan unggul 8 poin dari Nicky Hayden. Rossi jatuh di lap kelima dan bangkit finish  13, sedang Hayden naik podium ketiga. Gelar dunia musim itu pun jadi milik Hayden. Itu yang paling dramatis sejak kelas para raja dipertandingkan sejak 1949. Yang 13 lainnya normal saja karena mereka yang memimpin klasemen yang kemudian juara. 

Doohan dan Rossi sudah jadi korban. Akankah Marc Marquez jadi korban ketiga saat unggul 13 poin ke Valencia, 10 November ini? Atau, nasibnya sama dengan pemimpin klasemen seperti 13 contoh lainnya? Sebab dari dua contoh juga, berbeda dengan dengan selisih poin. Terjadi pada Rossi hanya unggul 8 poin dan Doohan 4 poin. Marquez bisa saja lebih tenang untuk berlaga di Valencia lantaran hanya butuh finish ke-4, walau Lorenzo ke-1. 

Ada juga yang tak kalah dramatis karena gelar dunia ditentukan cara ‘berhitung’ musim 1967.  Itu antara Mike Hailwood dan Giacomo Agostini dengan posisi Agostini unggul 5 poin. Putaran final di Kanada, Hailwood memenangi balapan sedang Agostini runner-up. Maka poin mereka pun berjumlah sama. Yang  dihitung siapa yang terbanyak jadi pemenang, eh ternyata sama-sama meraih lima kemenangan musim itu. Maka, Agostini ditetapkan sebagai juara dunia karena musim itu ia finish runner-up tiga kali dan Hailwood dua. 

Kemungkinan poin akhir Marquez dan Lorenzo juga terbuka di Valencia lho! Ada beberapa kompisisi finish Valencia yang membuat poin mereka akan sama besar yakni jika JL finish 2 sedangkan MM urutan 9, finish urutan 3 dan 13,  atau JL finish keempat sedangkan MM gagal dapat poin. Bila itu yang terjadi maka Jl yang juara dunia karena emenangi 7 balapan musim ini sedangkan MM hanya 6. 

Begitu kisahnya Bro! Siapa pun tak bisa menebak apa kemungkinan yang terjadi pada 10 November nanti, siapa yang bakal jadi pahlawan. Kan itu pas peringatan Hari Pahlawan, Brosist hehehe! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Kisah Rossi vs Hayden, Pengantar Partai Final Lorenzo vs Marquez

MotoGP 2013 Jelang Valencia Spanyol; Lorenzo Terus Tekan Mental Lawan, Peluang Masih Ada

MotoGP 2013 Jelang Valencia Spanyol; Rossi Siap Bantu Lorenzo, Bila Motor Oke

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Kabar Baru Aprilia, Full Pabrikan Musim 2016

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Rossi Kenalkan Yamaha 2014, Lorenzo Bikin Kejutan

 

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353