nhk

MotoGP 2013 Jelang Valencia; M1 Rossi Membaik, Rem Fokus Pengembangan Versi 2014

 

ManiakMotor – Valentino Rossi memang telah minta maaf tidak bisa ‘membantu’ upaya temannnya, Jorge Lorenzo mempersempit poin  di Motegi, Jepang. Posisi Rossi yang tadinya telah ke-2 dan bila berlanjut sampai finish, tentu menguntungkan Lorenzo di seri 17 itu. Sayang, ia dua kali out dan membuat Rossi mundur ke-11 dan akhrnya finish  ke-6.

Menurut Rossi, perkembangan M1-nya di Jepang itu sangat meningkat, power M1 meletup-letup dan akselerasinya cepat. Namun, karakter pengereman belum sesuai gaya Rossi. Wah, rem ini yang tak habis-habis terucap  dari cerita Rossi. “Setelah motor melakukan pengereman berat, saya tahu, cakram mungkin terlalu panas,” tutur Rossi yang mengakui salahnya di Jepang akibat tidak membaca tipikal rem yang membuatnya out kedua kali. 

Katanya, bila kinerja rem itu ia bisa deteksi lebih awal, tak mungkin ia masuk lebih dalam untuk menunda pengereman. Juga ia akan membatasi kinerja rem untuk difungsikan habis-habisan. Kira-kira begitu maksud dan tujuan tulisan di website Rossi yang telah dimunculkan sehari usai lomba Jepang, sebenarnya. 

Intinya, persoalan tinggal pengereman keras yang tiba-tiba. Bila mengubah gaya pengereman misalnya diperlambat, itu menganggu cara Rossi membalap. “Di situlah perbedaannya dengan motor Lorenzo,” jelas Rossi. Maksudnya, gayanya dengan Lorenzo berbeda masuk tikungan. Lorenzo tidak merasa terganggu dengan rem dengan gayanya sekarang. Itu mungkin bro.

Ke Valencia, rem ini menjadi fokus timnya untuk dibenahi demi ‘membantu’ Lorenzo. Bukan hanya itu, usai seri penutup di Valencia, testing untuk pra musim 2014 kembali digelar di sirkuit ini. Nah, di situlah pasukan Rossi  mencari solusi agar rem M1 untuk 2014 sesuai maunya. Ya iyalah, itu pasti. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Jelang Valencia; Sirkuitnya Honda (Normal), Harapannya Yamaha (Tidak Normal)

MotoGP 2013 Jelang Final Valencia: Duel Marquez-Lorenzo, Tiket Laku Keras

MotoGP 2013 Jelang Final Valencia: Lorenzo vs Marquez, Terbuka Kemungkinan Poin Sama

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353