nhk

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Marquez Vs Lorenzo, 5 Spanyol Berebut 2 Gelar Sisa

 

ManiakMotor – Sebelum era Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa, Italia adalah jagoan semua kelas di MotoGP. Setelah keduanya muncul, Spanyol seperti beruntun melahirkan bibit di semua kelas. Lihat saja perebutan di GP Valencia, 10 November, sedang panas-panasnya Moto3. Di MotoGP pun sudah 1 – 3 seperti milik Spanyol, teramasuk yang akan ditentukan antara Marc Marquez dan Lorenzo.

Wajarlah, promotor balap prototipe milik Dorna yang asalnya dari Spanyol. Jugta setiap provinsi di Spanyol punya sirkuit memadai. Maka semua gelar dunia musim ini pun jatuh ke rider Spanyol. Sebelumnya, Pol Espargaro sudah megunci gelar Moto2 di Motegi. Di MotoGP   Lorenzo dan Marquez sebenarnya tak terlalu menegangkan karena MM unggul 13 poin. Hanya usaha portal ini saja bikin togang-togang supaya sampeyan ikut togang, hehe.

Yang bakal gila-gilaan adalah ABG di kancah Moto3. Tiga remaja Spanyol berebut gelar dunia dengan perbedaan poin yang sangat tipis, yakni Luis Salom (poin 300), Maverick Vinales (298), dan Alex Rins (295). Semuanya membesut KTM. Itu bukan KTM-nya Inul, loh.

Sama dengan JL vs MM yang aka beradu strategi. Trio kelas nyamuk itu juga akan berpacu dengan mengerahkan strategi terbaik di ronde penentuan ini. Tentu di dalamnya ikut berperan soal mental bertanding dan faktor pengalaman. Dalam dua hal nonteknis ini jelas JL unggul atas MM, namun sangat diragukan jika faktor itu bisa menutupi seliaih poin 13. Sebab, MM hanya butuh finish keempat.

Beda dengan di Moto3. Salom diunggulkan bukan karena unggul dua poin dengan Vinales, tapi lebih karena pengalamannya yang mumpuni dari dua kandidat lain. Ia sudah lima tahun salom-salom eh salam-salam Grand Prix. Sedangkan Vinales dan Rins baru menjalani tahun ke-3 dan 2.

Tak ada kata lain bagi ketiganya kecuali menang di Valencia untuk jadi juara dunia 2013. Tapi, masih ada tapinya Bro, jika Rins yang menang sementara Salom finish kedua maka poin keduanya akan sama, masing-masing 320. Karena itu dihitung dari jumlah juara musim ini. Salom kantongi 7 kemenangan edangkan Rins dapat enam. Jika menang di Valencia maka jumlah kemenangan Rins jadi 7, sama dengan Salom. Jika begitu maka dilihat dari jumlah posisi finish runner-up sepanjang musim. Siapa terbanyak, ia jadi juara.

Dalam katagori itu, Salom baru dua kali naik podium sebagai runner-up, di GP Jerez dan Sachsenring. Rins sendiri runner-up lima seri. Maka, gelar dunia pun jatuh kepada Rins. Nah, jadi jelas kalau belum ada kata cari aman di Moto3. Masih saling gempur di Valencia untuk jadi pemenang. Partai anak-anak singkong ini yang akan bikin tegang seri Valencia, setelah itu baru masuk sesi final antara JL dengan MM.  

Itulah hebatnya Spanyol yang menyodorkan semua juara dari negaranya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Brasil Terancam Out, Aragon Maju Sepekan

MotoGP 2013 Jelang Final: Lorenzo Juara Valencia, Marquez Juara Dunia, Kata Poling

MotoGP 2013 Jelang Valencia; M1 Rossi Membaik, Rem Fokus Pengembangan Versi 2014

 

BAGIKAN