nhk

MotoGP 2013 Jerez: Dampak Kualifikasi Baru, Dovi & Bradl Terancam Gagal ke Q2

ManiakMotor – Balapan resmi belum dimulai, cui! Tapi, hari ini, Sabtu 4 Mei 2013 di sirkuit Jerez, Spanyol,  rider Ducati dan tim satelit Honda sudah tarung pol-polan demi Q2 dan pastinya juga demi gengsi masing-masing.  

Seperti brosist sudah paham, tiga sesi FP akan dihitung waktu terbaik masing-masing. Hanya 10 Besar yang lolos otomatis ke Q2 yang menentukan perebutan pole position dan 12 grid depan dan tengah. Sisanya, saling tarung lagi di Q1 untuk berebut dua tiket tambahan ke Q2.

Meski dianggap kelas ecek-ecek, faktanya para pembalap CRT kali ini merepotkan pembalap tim pabrikan dan tim satelit. Dari dua FP yang sudah dihelat, 10 Besarnya diisi dua joki CRT, Hector Barbera (Avintia Blusens) dan Aleix Espargaro (Power Electronics Aspar). Keduanya posisi 9 dan 10.

Tiga rider regular MotoGP yang adanya di luar 10 Besar adalah Stefan Bradl (LCR Honda), Andrea Dovizioso (Ducati), dan Bradley Smith (Monster Yamaha Tech3). Ini hasil yang sangat mengejutkan dari sudut masing-masing. Bradl dan Dovizioo, misalnya, dalam dua race sebelumnya cukup apik dan konsisten. Eh, kali ini Dovi yang jadi andalan utama Ducati malah kalah kencang dari Andrea Iannone (Pramac Ducati) yang mampu menempati urutan 7. Itu pun masih lebih baik dari Nicky Hayden yang seperti Dovi adalah joki tim pabrikan.

Bagi Bradley pun ada tanda tanya. Rekan satu timnya, Cal Crutchlow justru berjaya di dua sesi FP sebagai tanda pacuan mereka sebenarnya layak tarung. Tapi, ya bisa dimaklumilah karena Bradley memang ruki musim ini setelah diangkat dari Moto2 musim lalu.

Lha, ini Dovi yang pengalamannya sudah dua gudang? Masa sih harus hidup mati lawan joki CRT agar tetap main di sesi Q2?

Sepertinya begitu Masbro! Dovi dan Bradl sudah cukuppuyeng dengan hasil hari pertama. Hari ini mereka harus tembus 10 Besar agar tak diledeki fans-nya sendiri. Ini bukan cuma soal posisi start, tapi imej diri dan tim masing-masing.

Tapi, namanya lomba, Barera dan Espargaro, pastinya juga pengen bertahan di posisinya. Kalau mampu, malah nyodok ke atas lagi. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Jerez 2013 Spanyol, Semua Sesi, 3 – 5 Mei 2013

MotoGP 2013 Jerez Menuju FP3; Tiga Sektor Milik Lorenzo, Sektor Pertama Marquez

MotoGP Spanyol 2013: Marquez Masih Nervous, Terbuka Peluang Ketemu Rossi Di Jerez

MotoGP 2013 Jerez Menuju FP3; Valentino Rossi Tetap Semangat Tempur Di Spanyol

 

BAGIKAN