nhk

MotoGP 2013 Jerez (Jelang); Rapat Sejak FP, Rossi + Crutchlow ‘Pengacau’ Matador Spanyol

 

ManiakMotor – Balap MotoGP di sirkuit Jerez sejak free practice 1 (FP1) tidak akan membaca hasil yang timpang seperti ronde II  di Austin, Amrik. Jumat 3 Mei 2013 dimulainya FP1, akan tampak rapatnya catatan waktu. Suasananya lebih gimana gitu loh, ya gitu deh. Bahkan akan diwarnai dua pembalap satelit Yamaha dan Honda masuk ke papan atas dalam sesi-sesi mencari waktu tercepat sendiri-sendiri tersebut.

Alasannya sudah berkali-kali dijelaskan pada tulisan-tulisan sebelumnya entah data teknik dan analisa lain soal sirkuit Jerez. Jerez bukan Austin, ya iyalah, gimana sih kamu. Austin baru sekali dipakai. Jerez bagian dari bangsa Spanyol soal pesatnya olahraga bermotor di sana. Jerez selalu jadi tempat seri pembuka MotoGP di daratan Eropa setelah balapan prototipe ini diputar di Asia dan tahun ini menyebrang ke Amerika dulu, baru Jerez.

Sirkuit ini mulai dipakai 1987 masih era GP500, berarti tim mana pun peserta MotoGP saat ini memiliki  pegangan settingan sejak tampil FP1. Kombinasi settingan biasa, sedang sampai pamungkasnya lengkap. Termasuk di dalamnya para pendukung tim seperti ban dan suspensi tiap merek punya data. “Jerez juga dipakai rutin latihan pramusim semua tim. Termasuk Ducati merasa lebih enak di Jerez,” komentar Nicky Hayden, pembalap Ducati Team yang acak-acakkan dalam dua seri MotoGP, entalah di Jerez yang merupakan seri 3 ini? 

Malah dua pembalap satelit akan obok-obok keadaan sejak awal sesi. Itu dia Cal Crutchlow yang naik M1 milik Yamaha Monster Tech-3 dan Stefan Bradl dari LCR Honda yang mengebut dengan RC213V yang bukan pabrikan. Dalam test pramusum di sirkuit ini Maret lalu, di sesi terakhir Cal bisa ke-1 dan Bradl ke-3. 

“Harapannya sih tidak hanya bagus di latihan, tapi juga raceday,” doa Bradl dan Cal dengan lapal agama mereka masing-masing. Bradl dan Cal saat itu mampu berlari 1 menit 39 detik koma sekian di antara lima pembalap yang bisa mencetak 39 detik. Selebihnya 1 menit 40 detik.

Pokoknya dalam latihan waktu itu, justru para matador berada di luar tiga besar di sesi terakhir. Latihan memang selalu berbeda dengan lomba. Toh, biasanya yang jauh dari hasil latihan adalah motor milik satelit. Maklum, saat lomba motornya sulit konsisten dengan keterbatasan motor kelas dua.

Tapi jangan khawatir, dalam tiga besar itu munculah Valentino Rossi yang memacu M1 kelas satu milik Yamaha Factory Racing. Di sesi 2 latihan pramusim ini, bahkan Rossi bisa pertama. Di sesi 3, ia dikalahkan Cal dan membuatnya ke-2, namun saat itu Rossi ketawa-ketiwi. “Aku selalu cocok dengan Jerez,” kilah Rossi yang sejak awal cuap-cuap akan dapat hasil bagus. Ah… mantap kalee nih.

Cal dan Rossi bisa jadi pengacau para matador di kandangnya sendiri, tambah Bradl deh. Matador itu adalah seorang penakluk banteng liar. Di arena ia selalu bawa-bawa kain merah yang memancing bantengnya makin buas. Makanya, jika FP1 dan sesi lanjutan Rossi dan Cal bisa di atas, keduanya dianggap membawa kain merah oleh pembalap Spanyol, bikin Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Dani Pedrosa makin ganas. Ito

BERITA TERKAIT

MotoGP 2013 Menuju Jerez; Yamaha Tinggal Buktikan Hasil Test Di Jerez

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Marquez Kejar Rekor Ganda

MotoGP 2013 Menuju Jerez; Yamaha Tinggal Buktikan Hasil Test Di Jerez

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Lebih Kencang dari Rossi, Crutchlow Harus Ambil Kesempatan

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Weleh..Weleh, Lorenzo Kok Sudah Mikir Main Aman Sih?

 

        

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353