nhk

MotoGP 2013 Jerez Menuju FP3; Valentino Rossi Tetap Semangat Tempur Di Spanyol

 

ManiakMotor – Walau set-up andalan dari testing pramusim di sirkuit Jerez, berubah akibat suhu, tidak dianggap mengecewakan oleh Valentino Rossi.  Di free practice 1 – 2 pasukannya hanya tinggal menyesuaikan sikit-sikit Yamaha M1 pada lintasan. FP1 dan FP2 yang berlangsung Jumat, 3 Mei 2013, Rossi berada ke-3 dan ke-4.

Cuaca saat berlansung  FP2 di kawasan Jerez memang menyengat untuk ukuran Spanyol, suhu trek 45o seperti tertera di hasil FP2. Jelas – walau tidak dijelaskan Rossi –  terjadi perbedaan grip. Ketika testing pramusim hujan dan dingin. Beda grip, berarti penyesuaian ulang pada turunannya. Banyak deh turunan tersebut. Ilmu kira-kiranya saja, terjadi beda tekanan angin ban yang berpengaruh pada suspensi dan sebagainya. “FP1 dan FP2 masih oke. Tidak buruk,” jelas Rossi yang bercerita tanpa beban dan masih menebar senyum, bukan tebar ancaman.

Pembalap yang membela Yamaha Factory Racing (YFR) tersebut bahkan menyatakan distribusi bobot M1 masih akan terus dilacak dan digali untuk ditingkatkan. Keseimbangan M1 masuk keluar tikungan belum bekerja sesuai harapannya. Pantas, ia belum menyamai rekor testingnya sendiri yang 1 menit 39.525 detik. Di FP2 Rossi baru 1 menit 39.874 detik, sedang tercepat di FP2 rekan setimnya Jorge Lorenzo dengan 1:39.562.  FP1 silakan lihat RESULTS.

Toh, Jerez tidak menghasilkan selisih mencolok seperti FP1 dan FP2 yang didapat Rossi di Austin. Dia hanya selisih 0.3 sekian-sekian detik dengan yang tercepat. “Walau ke-4 di FP2 itu masih dekat dengan yang tercepat. Yang penting di sesi ini telah mencoba set-up yang diperlukan saat lomba. Termasuk gonta-ganti tipe ban yang akan dipastikan cocok untuk race-day,” jelas Rossi yang kembali senyum-senyum, pokoknya beda dengan di Austin.

Rossi di masa jayanya dan masih berusaha jaya sampai saat ini, tidak peduli dengan hasil FP sampai qulifying. Asal tidak tertinggal 1 detik lebih seperti terjadi di Ducati dan ia rasakannya saat balap di Amerika baru lalu. Di Qatar saat QTT ia juga hanya ke-6, tapi selisihnya tipis dan diubahnya jadi podium saat lomba. Makanya usai FP2 di Jerez, ia tanpa menarget apa-apa, yang penting masih berada di kelompok lima besar.

Walah… sudah menakar diri nih. Ito

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoGP Jerez 2013 Spanyol, Semua Sesi, 3 – 5 Mei 2013

MotoGP Spanyol 2013 (FP1); Lorenzo Cepat, Ancamam Rossi Di Jerez

MotoGP 2013 Jerez: Malam Ini Crutchlow Begadang, Susun Strategi Menyerang

MotoGP 2013 Jerez (FP2): Trek Lurus Jerez Terlampau Pendek Buat Honda

MotoGP 2013 Spanyol (FP2); Panas Trek Jerez 45 Derajat, Kompon Ban Lengket, 1-5 Rapat

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353