nhk

MotoGP 2013 Jerez Spanyol: Rossi Tak Langsung Pulang, Mau Bangun M1 Lebih Galak

ManiakMotor – Valentino Rossi kembali ke Yamaha saat tim ini sudah punya prototype YZR-M1 2013 yang dibangun dan disesuaikan untuk gaya Jorge Lorenzo. Diprediksi juga tahun ini dia hanya akan meriset senjatanya sembari jalan. Tetapi fans keburu menjagokannya.

Sebab itu The Doctor belum maksimal? Dalam tiga partai yang sudah main, ia baru sekali nangkring di podium. Bisa betul, bisa juga tidak karena The Doctor tak pernah mengeluhkan hal itu. Atau jagan-jangan karena faktor ‘U’ seperti acap dikumandangkan fans pesaingnya? Tak akan ada jawaban terang sepanjang Rossi tak berterus terang pada ‘U’ ini.

Yang jelas, saat tes pramusim di Sepang II, ia minta semua set-up di M1-nya diubah karena set-up yang ada disesuaikan dengan riding style Lorenzo. The Doctor bilang itu sama sekali tak cocok dengannya. Ia juga bilang, kala itu ia masih tahu diri untuk tidak minta pengembangan apa-apa ke pihak Yamaha. Namanya juga baru masuk lagi, Bro!

Kini berbeda. Rossi sudah harus memberikan masukan tersendiri untuk bikin kencang motornya. Kesempatannya adalah Senin (6/5) di Sirkuit Jerez. Ia tak pulang seusai balapan Minggu (5/5) seperti halnya pemain MotoGP lainnya. Pasalnya, ada sesi latihan yang akan digunakan seluruh tim untuk membangun kekuatan baru memasuki paroh kedua kompetisi pada pertengahan tahun nanti.

Seperti sampeyan tahu, tim-tim MotoGP memang acap memunculkan pacuan tipe barunya di pertengahan musim, khususnya bila memble di awal musim. Itu dilakukan Honda pada Juni 2012 dengan merilis spek baru RC213V-nya. Motor itu yang kemudian bikin Pedrosa memenangi 6 dari 8 balapan sisa.

Tes di Jerez kali ini tak lain di antaranya adalah untuk tujuan tersebut. The Doctor pun bergairah karena inilah kesempatannya untuk minta apa-apa pada Yamaha agar YZR-M1 bisa lebih galak di tangannya. “Kami akan coba temukan solusi agar motor ini bisa lebih stabil dari saat ini dan makin siap menghadapi seri-seri selanjutnya,” ujar The Doctor.

Soal kiprah comeback-nya ke Yamaha yang baru sekali angkat trofi, Vale46 tak memandangnya sebagai kegagalan, tapi masih sebuah sebuah tantangan. “Di Jerez ini sebenarnya saya berharap bisa finish di depan Honda, tapi faktanya kami di belakang mereka. Saya ingin finish di podium dan berjuang sepenuhnya untuk itu, tapi tak cukup memadai. Yah, masih ada balapan selanjutnya. Dalam perburuan poin kejuaraan pun kami belum terlalu jauh, jadi masih cukup besar peluang mengejar,” tambah Rossi yang keteteran di Jerez akibat ketaksesuaian dengan pilihan ban, seperti juga terjadi pada Lorenzo.

Sementara ini The Doctor menempati posisi empat klasemen dengan poin 43. Selisih 18 angka dari anak ingusan Marquez yang sudah petik 61 poin. Menurut The Doctor, itu selisih yang belum menakutkan. Wah, masih seru ya! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Jerez 2013 Spanyol, Semua Sesi, 3 – 5 Mei 2013

MotoGP 2013 Jerez Spanyol; Beda Bandel Lorenzo Vs Marquez, Rossi Vs Gibernau

MotoGP 2013 Jerez (Race): Mayoritas Dukung Marquez, Pedrosa Terlupakan

Moto GP 2013 Jerez (Race): Marquez Bela Diri, Lorenzo Mengaku Terlambat Tutup Celah

MotoGP Spanyol 2013; Senggolan Marquez vs Lorenzo Di Jerez, Menurut Jury MotoGP Sah

MotoGP 2013 Spanyol (Race): Honda 1-2, Marquez Gila-Gilaan, Tunggu Putusan Jur

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353