nhk

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Ducati Versi Baru Membaik, Dovi – Hayden Bergairah

ManiakMotor –Versi baru Desmosedici GP13 sudah digeber tester Michele Pirro di kancah GP Spanyol, 5 Mei kemarin di sirkuit Jerez. Giliran Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden membesutnya polan-polan dalam rangka testing MotoGP juga di Jerez, 6 Mei kemarin.

Penampakan  riset pertama 2013 itu menarik perhatian di GP Spanyol. Pirro lumayan kencang di semua sesi dan finish ke-11 saat raceday. Tak buruklah buat seorang tester pemegang wildcard dengan motor yang full eksperimen.

Sehari usai lomba, Dovi dan Hayden jajal itu barang di Jerez. Mereka langsung temukan perbedaan pada model yang mengusung mesin dan sasis baru serta sedikit perombakan elektronik itu. Waktu tempuh di sesi tes memang belum signifikan jika dibandingkan dengan Desmosedici GP13 regular. Masih kalah di kisaran 0,7 detik dari Marc Marquez (Honda) yang memimpin sesi tes.   Artinya, sama saja dengan versi lama.

Bedanya, versi baru ini bisa konstan pada ketinggalan kisaran itu. Karena lebih nyaman memasuki tikunganl. Ragka yang lebih ringan dan distribusi bobot yang berbeda rupanya menghasilkan performa roda dan suspensi depan yang mudah belok. Bagi Dovi dan Hayden, itulah beda utamanya karena selama ini Ducati sangat buruk di tikungan, terlebih saat masuk dan berada di dalamnya.

“Sangat menarik mencoba pacuan ini di race sesungguhnya meski saya tak tahu kapan itu bisa terwujud. Lap time lumayan, masuk tikungan enak khususnya tikungan cepat. Ini perubahan pertama tahun ini, sudah membaik meski tak sebesar yang saya harapkan. Yang penting, arah pengembangannya sudah sesuai,” komentar Dovi yang berpengalaman menggeber Honda RC213V maupun Yamaha M1.

Hal sama diapungkan Hayden bahwa versi baru lebih paten di tikungan. “Kini kami memberikan informasi dan data-data baru dari tes ini. Semoga membantu para insinyur kami dalam pengembangan berikutnya,” ujar Hayden, juara dunia 2006 semasa di Repsol Honda.

Rabu dan Kamis ini Ducati melanjutkan tes tersendiri di Mugello, Italia. Test rider Pirro dan Franco Battaini akan melakukan eksperimen baru, sementara Dovi dan Hayden menyusun strategi untuk GP Prancis dua minggu lagi. Andro

Berita Terkait

Hasil Test Jerez MotoGP, 6 Mei 2013

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Honda Fokus Suspensi, Yamaha Utak-Atik Sasis, Hanya Rossi Yang

Beda

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Marquez-Lorenzo Begitu Saja, Rossi-Crutchlow Nanjak

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Marquez-Lorenzo Masih Panas-Panasan, Rossi Ke-8

MotoGP 2013 Jerez Spanyol; Beda Bandel Lorenzo Vs Marquez, Rossi Vs Gibernau

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353