nhk

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Honda Fokus Suspensi, Yamaha Utak-Atik Sasis, Hanya Rossi Yang Beda

ManiakMotor – Sesi terakhir tes MotoGP di Jerez, Spanyol berakhir tanpa penajaman waktu yang berlangsung Senin, 6 Mei 201. Di ujung testing hanyalah untuk evaluasi dan bikin perbandingan.

Catatan waktu terbaik tak berubah dari pagi sampai siang walau semua kontestan melahap di atas 60 lap. Yang tercepat masih Marc Marquez disusul Cal Crutchlow, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Valentino Rossi dan seterusnya. Seperti sudah kompakan, semua bilang ada peningkatan pada sesi ini, kecuali Rossi.

Honda, misalnya, berangkat berdasarkan set-up saat raceday GP Spanyol. Mereka meneruskan pekerjaan pembenahan pada suspensi depan dan belakang serta sebagian perangkat elektronik. Marquez dan Pedrosa sama-sama bilang hasilnya maknyus, positif. “Saya harap semua yang dilakukan hari ini akan memberi manfaat  pada race selanjutnya,” ujar Marquez lewat rilis tim Repsol Honda. Komentar yang datar-datar saja.

Bunyi hampir senada disuarakan Lorenzo lewat rilis Yamaha Factory Team. Ia komentari hasil dari uji coba sasis alternatif buat M1. Katanya, itu sangat penting untuk sirkuit tertentu ke depan. “Hari yang sangat tak mudah dilalui setelah tiga hari menegangkan di balapan. Yang dibutuhkan pada saat seperti ini adalah istirahat,” cetus Lorenzo yang runner-up-nya di GP Spanyol sukses ‘dirampok’ Marquez pada lap terakhir, di tikungan terakhir bernama dirinya.

Yang agak beda adalah komentar The Doctor yang terkesan tak berbasa-basi. Menghabiskan 61 laps dalam tes ini, ia melakukan banyak perbandingan dari dua macam sasis yang diusung M1. Sayangnya, tak dijelaskan apa saja beda kedua sasis itu. Hasil akhirnya ya sama saja, sehingga ia dan tim teknisnya belum bisa menentukan model mana yang lebih baik dan akan digunakan pada MotoGP Prancis nanti.

“Yang satu sangat baik di area tertentu, tapi buruk di area lainnya. Satunya pun begitu, ada plus minus. Minggu depan baru kami putuskan mana yang dipakai balap di Le Mans. Kini saatnya istirahat,” ujar The Doctor.

Okelah Doc, kalau begitu!  Istirahat ya. Jangan lupa minum susu, telur dan jahe. Satu lagi lupa, madu. Andro

 

Berita Terkait

Hasil Test Jerez MotoGP, 6 Mei 2013

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Marquez-Lorenzo Begitu Saja, Rossi-Crutchlow Nanjak

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Marquez-Lorenzo Masih Panas-Panasan, Rossi Ke-8

MotoGP 2013 Jerez Spanyol; Beda Bandel Lorenzo Vs Marquez, Rossi Vs Gibernau

MotoGP 2013 Jerez Spanyol: Rossi Tak Langsung Pulang, Mau Bangun M1 Lebih Galak

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353