nhk

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Marquez-Lorenzo Begitu Saja, Rossi-Crutchlow Nanjak

 

ManiakMotor – Sesi lanjutan testing MotoGP di Jerez belum beranjak jauh dari hasil  sebelumnya. Bedanya, Cal Crutchlow dan Valentino Rossi bisa nyodok kelima besar di sesi pertama pada 6 Mei 2013. Bahkan Cal bisa ke-2.

Seperti tes pramusim dan sesi FP dan QTT GP Spanyol, Crutchlow memang tampil apik. M1-nya bila balapan sendiri-sendiri memang sering bikin kejutan. Kali ini pun sama apiknya. Di sesi sebelumnya, ia hanya bisa bikin waktu 1:39,452 dan duduk di peringkat 4 di bawah Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa.

Di sesi sore, pembalap Monster Yamaha Tech3 itu pertajam waktu jadi 1:38,916 sehingga menempati posisi tercepat kedua sepanjang tes ini. Catatan juga memecahkan rekornya di FP3 baru lalu. Sedang Valentino Rossi juga nanjak dari 8 ke-5. Ia kini pertajam waktu jadi 1:39,397. Marquez, Lorenzo, gagal memperbaiki waktu masing-masing. Waktu mereka masih yang sebelumnya.

Performa Crutchlow yang bisa menjadi pembalap kedua tercepat, sekaligus mengungguli tim pabrikan Yamaha jelas jadi sorotan lagi. Maklumlah, single lap membalap tanpa beban. Juga tidak perlu konsisten. Makanya saat ulasan kemarin, semestinya Yamaha Factory Racing memberi motor setara Lorenzo dan Rossi agar ia mampu bersaing ke depan saat lomba.

Apalagi persoalannya tak jauh beda dengan masalah ban yang dihadapi Yamaha. Stabilitas YZR-M1 sangat tak membantu saat melibas tikungan Jerez. Nah, motor pabrikan saja mengeluh, apalagi M1 Crutchlow dari tim satelit Yamaha Monster Tec3. Padahal,, saat tes pra musim lalu, di situlah letak keunggulan mereka atas Honda. Tapi suhu trek kemarin 47 derajat, itulah yang bikin kacau. Selain itu, Crurchlow pun ternyata masih menahan rasa sakit di pinggangnya akibat kecelakaan keras yang beruntum ia alami di GP Spanyol sehingga harus ganti pacuan.

“Finish kelima, jelas bukan yang kami harapkan mengingat performa apik di sepanjang sesi awal. Tapi, semua ini jadi bekal yang bagus untuk seri selanjutnya di Le Mans,” ujar Crutchlow yang sementara menghuni peringkat lima klasemen dengan 35 angka.

Hal sama dikumandangkan Lorenzo. Ada nada akan balas dendam di putaran berikutnya, GP Prancis, pertengahan bulan ini. “Karakter sirkuit Le Mans banyak kesamaan dengan Jerez. Kami tahu apa yang harus diperbaiki agar bisa maksimal di sana,” katanya, sudah senyum lagi dan tak cemberut seperti usai lomba kemarin. Andro

Berita Terkait

Hasil Test Jerez MotoGP, 6 Mei 2013

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Marquez-Lorenzo Masih Panas-Panasan, Rossi Ke-8

MotoGP 2013 Jerez Spanyol; Beda Bandel Lorenzo Vs Marquez, Rossi Vs Gibernau

MotoGP 2013 Jerez Spanyol: Rossi Tak Langsung Pulang, Mau Bangun M1 Lebih Galak

MotoGP 2013 Jerez (Race): Mayoritas Dukung Marquez, Pedrosa Terlupakan

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353