nhk

MotoGP 2013; Kata Ducati Hayden ‘Sodara’, Tapi Tetap Diganti

 

 

ManiakMotor – Sodara sih sodara, bisnis jalan terus. Eh tunggu dulu, cerita bisnis Nicky Hayden yang orang Amerika itu, masih erat dengan Ducati. Karena itu ia dianggap sebagai ‘keluarga’ dan diusahakan tetap keluar oleh Ducati, merek Italia.

Itu dikatakan Paolo Ciabatti sebagai Direktur Proyek Ducati MotoGP yang dilansir dua hari lalu di MotoGP.Com  dan baru sekarang dilansir portal ini. Nggak masalah terlambat, dari pada nggak sama sekali kan. Toh bumbu juga beda. Katanya Hyden berharga buat tim dan terutama Ducati.

Tapi, “Manajemen punya pilihan berbeda untuk tahun depan,” jelas Ciabatti dalam kapasitasnya berbicara untuk menganalis kinerja Ducati sepertuh musim 2013. Hasilnya sampeyan semua sudah tahulah prestasi dari tim pabrikannya sampai satelitnya. Juga brosist pahamlah Hayden sudah dilepas dari statusnya sabagai joki pabrikan Ducati tahun depan.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Toh, Ciabatti tetap sebut-sebut Hayden adalah keluarga. Doski berjanji akan tetap di belakang Hayden sampai akhir seri 2014. “Akan dicoba Hayden tetap sebagai keluarga Ducati dengan peran berbeda. Bisa tetap di MotoGP, bisa saja ke superbike. Supaya kami tetap sebagai sodara dengan dia,” jelas Ciabatti pada Hayden yang sodara ketemu gede. Lha wong Ducati di Italia dan dan Hayden asli Amrik kok.

Ciabatti boleh omong begitu karena ada yang dijaganya. Hayden dipelihara sejak 2009 walau prestasinya nggak kinclong-kiclong amat. Sesuai survei Ducati, sejak Hayden di situ penjualan moge-nya di Amerika meningkat. Ditambah lagi dengan adanya tiga seri MotoGP di negaranya Obama itu sejak 2013, sosok pembalap Amrik menjadi promosi tersendiri.

Selanjutnya para hadirin dan budiman disuruh tunggu pengganti Hayden yang belum diumumkan. Jika  mempertahankan penjualan Ducati di Amrik yang lebih besar dari Eropa itu, tetap pembalap Amerika yang menggantikan Hayden. Siapa tahu Ben Spies yang akan dipilih, walau hanya ‘pemanis’ untuk mendukung Andrea Dovizioso. Hanya Spies stok yang tersedia dari Amrik saat ini. Nggak tahu deh dari AMA Superbike dan SuperSports ada bibit lain?   

Bisa mengabaikan dari Amerika, asal pengganti Hayden punya peluang ke depan. Tidak perlu juara dunia, tapi selalu kelihatan di podium. Bila sudah begitu, bukan hanya  pasar Amerika yang terangkat tapi global. Stok saat ini yang masih ombang-ambing adalah Cal Crutchlow. Lalu, ada Casey Stoner, yang katanya ingin kembali membalap lagi. Walau saat ini ikut test dengan Honda di Jepang, kontraknya tahun depan kan belum jelas juga.

Kedua pembalap tersebut sama-sama punya gaya ‘berangansan’ cocok menekuk-nekuk Ducati. Bahkan Stoner terbukti juara dan merepotkan Yamaha dan Honda semasa ia di sana. Sebut sodara, Stoner juga tak kalah sodara dibanding Hayden dengan Ducati. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013: Andai Crutchlow ke Ducati, Mantaplah Itu

MotoGP 2013; Mesin Ke-5 M1 Rossi-Lorenzo Disimpan Untuk SSG..?

MotoGP 2014: Regulasi Baru Buka Celah Stoner ke Repsol Honda

MotoGP 2013: Regulasi Baru 2014 Ditetapkan, Suzuki Masih Puyeng

 

 

BAGIKAN