nhk

MotoGP 2013; Kata Rossi Marquez Pakai Gigi Tinggi Menikung, Nih Maksudnya

 


 

ManiakMotor – Kalau di Indonesia, Marc Marquez pasti memfavoritkan lagu almarhum Mbah Surip, Bangun Tidur. Bangun tidur.. tidur lagi.. banguunn .. tidur lagi.. Persis tarian Si Bocah Ajaib ini mengendalikan Honda RCV213 melahap tikungan.

Pembalap senior macam Valentino Rossi sekalipun terlihat keheranan, walau mungkin di masa muda Rossi beda pula caranya menundukkan ABG ini. “Ia menikung pakai persneling tertinggi terus. Hasilnya Marc punya gaya balap dan racing line yang berbeda,” jujur Vale, yang ngakunya Doctor yang doyan menganalisa garis tarung lawan.

Tahu kan maksud Vale dengan persneling tinggi terus? Tenang bro, ada jawabannya. Dibanding di tikungan sama pakai gigi beda, yang pakai gigi tinggi rodanya tidak banyak spin, daya luncurnya sudah tinggi duluan. Lolos dari tikungan, kecepatannya sudah lebih laju,  mesin mudah mencapai memontumnya.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Masuk tikungan dengan gigi tinggi harus memilki kebiasaan, berarti Marquez sudah biasa dong. Kan ala bisa karena biasa. Maklum kecepatan tidak banyak turun dan harus dirawat atau dimanajemen putaran mesin di areal tikungan. Membuka gas usai ditutup, juga lebih dulu. Belum lagi keseimbangan. Repot ya…

Perawatan kecepatan itu adalah gaya gelantungan oleh Marquez. Juga gaya sampai rebah-rebah amat dan amat rebah. Sampai-sampai sikunya menyentuh aspal untuk mempertahankan kecepatan. Ibaratnya, dia seperti mau tidur di tikungan tersebut.       

Jika menggunakan gigi lebih rendah dari Marquez misalnya, jelas punya kerugian terhadap spin. Kian rendah persneling tenaga lebih kuat, perbandingan rasionya ringan. Keluar tikungan juga masih ada jeda dan reaksi memindah gigi. Itu semua butuh waktu walau hanya seperseribu detik bla, bla… Itu maksud Rossi tadi.

Di luar analisa Rossi, Marquez ada kelabihan lain dengan menikung di sudut kecil, gaya road race tarkam Indonesia malah ditunjukkan. Pembalap lain melahap sampai ujung tikungan dengan gaya rolling speed dan perlahan tegak, Marquez malah buru-buru menegakkan motor. Dengan motor tegak traksi lebih besar, dan bisa diberi tenaga lagi. Meski Marquez harus menjaga keseimbangan badannya dengan gelantungan untuk mengarahkan motor sesuai keinginannya. Karenanya bagun lagi tidur lagi. Kyaipradah

BACA JUGA

MotoGP 213 Furusawa Di Kubu Rossi Di Amrik, Hubungannya Dengan SSG M1..?

MotoGP 2013: Rossi Yakin Marquez Bisa Lebih Hebat Darinya

MotoGP 2013: Pedrosa – Marquez Tolak RCV 2014, Makanya Stoner Didatangkan

MotoGP 2013: Belum Perpanjang Kontrak, Bradl Tergantung Pergerakan Crutchlow


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353