nhk

MotoGP 2013: Kejamnya Mugello, Marquez Korban Terbaru, Belum Tentu Ikut FP3

 

ManiakMotor – Valentino Rossi punya dua kisah bertolak belakang di Sirkuit Mugello, cerita sukses dan pahit. Ia rider terbesar MotoGP di trek ini dengan tujuh kemenangan beruntun 2002-2009. Sebaliknya, di sirkuit ini pula The Doctor hamper kehilangan karir. Kecelakaan hebat saat FP GP Italia 2010 mematahkan kaki kanannya dan sempat membuatnya trauma. Itulah kecelakaan terhebat yang pernah ia alami.

Meski ringan, saat FP1 GP Italia 2013, Jumat (31/5), Rossi juga terjungkal di lintasan basah. Empat pembalap lain, termasuk Marc Marquez dan Andrea Dovizioso, juga celaka. Hanya Dovi yang masuk Medical Centre dengan keluhan ngilu pada tulang belakang lehernya. Sejumlah rider Moto3 dan Moto2 juga berjumpalitan meski tak ada yang parah.

Di FP2, Bradley Smith (Tech3) menyusul jatuh dengan luka ringan. Marquez pun jatuh lagi, kali ini lebih parah seusai melibas trek lurus 1,1 km itu. Beberapa detik sebelum terlempar, kecepatan motornya tercatat 342 km/jam. Kencang sekali meski masih kalah kencang dengan catatan top speed 349 km/jam yang dibuat Dani Pedrosa pada 2009.

Akibatnya, dagunya bengkak akibat terbentur tanah dan sejumlah luka lecet pada  lengan, kaki, dan bahu. Ia pun harus jalani perawatan lanjutan dan menunggu kondisi terakhir untuk tetap ikut FP3 atau tidak pada Sabtu (1/6). “Roda depan kehilangan kendali saat ngerem memasuki R1. Saya harus berterima kasih pada petugas medis yang begitu cepat memberi pertolongan,” ujar Marquez melalui rilis tim Repsol Honda.

Karakter Mugello yang sebagian besar tikungannya model tikungan cepat dan trek lurusnya yang jadi salah satu terpanjang di dunia, memang sangat rawan. Baik saat hujan maupun kering. Namanya pembalap, pastinya selalu tergoda untuk sekencangnya pada lintasan macam ini.

Sudah banyak yang terluka saat celaka di sirkuit milik Ferrari itu. Beruntung saat ini perlengkapan keselamatan makin prima sehingga insiden yang ada tak merenggut jiwa seperti tahun 1976. Saat itu dua pembalap Italia, Paolo Tordi (GP 350 cc) dan Otello Buscherini (GP 250 cc), tewas di trek ini karena kecelakaan fatal.

Semoga saja cedera Marquez tak separah yang ditakutkan agar tetap bisa ikut bertarung. Meskipun mungkin tak lagi segalak sebelumnya, saat ia memenangi FP1. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Mugello Italia, Semua Kelas Dan Sesi, 31 Mei – 2 Juni 2013

MotoGP 2013 Mugello Italia FP2; Marquez Jatuh Keras, Dagunya Bengkak

MotoGP 2013 Mugello (FP2): Tiga Yamaha Terdepan, Pirro Masih Oke, Marquez Dirawat

MotoGP 2013 Mugello Italia FP1: Marquez Tercepat, Ducati Spek Baru Ruarrr Biasa!

 

 

BAGIKAN