nhk

MotoGP 2013: Kisah ‘Duel’ Valentino Rossi – Marc Marquez di Sepang

ManiakMotor – Valentino Rossi dan Marc Marcuez adalah dua sosok yang aksi-aksinya paling dinanti musim ini. Dalam dua kesempatan tes resmi MotoGP di Sirkuit Sepang, baru sekali keduanya bertemu di lintasan. Yang terjadi, kata mereka, lutuneee…. Lucu
maksudnya.

Kedua rider beda generasi itu kebetulan keluar pit berbarengan. Biasanya kalau dua pembalap papan atas bertemu dalam situasi tes seperti itu maka terjadi aksi saling menunggu. Pembalap yang sudah terlanjur di depan pun biasanya melambat atau mundur. Itu cara mencegah musuh berkesempatan mengamati racing line maupun riding style mereka sekaligus mengintip kelemahan dan kekuatan.

Belum lagi soal slip streaming atau memanfaatkan hambatan angin musuh di depan, ketika dapat kesempatan malah bisa lebih kencang. Maklum tidak semua sektor seorang pembalap dan motornya bisa berkuasa. Nah itu kandang dihindari sesama pembalap. Sebaliknya buat Rossi dan Marquez, mereka justru saling bertukar posisi untuk mengamati jurus  masing-masing tanpa harus janjian. Seperti sudah sama-sama tahu dan sama-sama ingin gitu Bro.

Tiga lap pertama Rossi di depan. Marquez yang sejak bocah menjadi penggemar berat Rossi membuntuti. Selanjutnya Marcuez di depan dan The Doctor puas-puasan mengamati semua pergerakan rider muda Repsol Honda itu. “Pada awalnya sedikit kagok dan aneh karena satu lintasan dengan seorang Valentino Rossi. Pada akhirnya saya sangat senang karena banyak yang saya pelajari dari rider penuh pengalaman seperti dirinya meski hanya 3 laps,” tutur Marquez.

Terus Marquez membandingkannya dengan gaya balap sendiri di setiap tikungan. “Di beberapa sudut saya mengambil jalur yang salah atau terlalu sulit dibandingkan dirinya. Ia terlihat mudah dan tetap cepat yang buat saya sebelumnya agak sulit dan tak bisa mencapai limit kecepatan atau lebih lambat. Jadi, banyak yang saya petik saat mengekor di belakangnya. Selanjutnya saya pindah di depannya dan melaju beberapa lap. Itu pengalaman sangat lucu,” lanjut Marquez.

Tak kalah senang adalah Rossi yang sejak lama sudah memuji kecepatan dan karakter Marquez. “F**k (Busyet), ia geber motor sangat keras. Sangat lucu dan menyenangkan menonton aksi Marcuez langsung dari belakang motornya. Saat keluar pit, saya melihatnya menunggu dan saya melaju ke depan. Setelah tiga lap saya melambat dan ia ke depan. Jadi, masing-masing kami memberikan informasi tapi sekaligus juga mendapatkan sesuatu dari masing-masing,” tutur The Doctor yang pernah melakukan hal sama pada Kenny Roberts Jr waktu dia baru naik ke GP500 di Sepang.

Hal seperti itu tak pernah terjadi dengan Jorge Lorenzo maupun Dani Pedrosa saat uji coba maupun latihan jelang lomba. Mereka selalu melambat bila melihat Rossi di belakang. Begitu pun Rossi. “Di mata saya, gaya balap Marquez mirip Stoner (Casey), mungkin karena sama-sama di atas Honda. Saya menikmati karena gaya balapnya spektakular,” puji Rossi yang sudah bicara langsung kepada Marquez kalau musim ini mereka berpotensi tarung satu sama lain dan menikmati balapan. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Latihan Sepang (Test 2): Marquez Mulai Akrab Dengan Kecelakaan, Ke-2 Hasil Akhir

MotoGP 2013 Latihan Sepang (Test 2): Menit Terakhir Marquez Gusur Lorenzo, Rossi Ke-4

MotoGP 2013: Lorenzo – Rossi Tunggu-Tunggu Girboks SSG

MotoGP 2013: Marquez Dipentokin ke Rossi

BAGIKAN