nhk

MotoGP 2013: Lagi, Anak CRT Bikin Sewot Crutchlow di Lintasan

ManiakMotor – Para pembalap CRT memang sudah banyak dikeluhkan joki MotoGP musim lalu. Musim 2013 belum digelar, keluhan serupa sudah muncul. Yang sewot kali ini adalah Cal Crutchlow (Inggris/Monster Yamaha Tech3).

Rider tim satelit Yamaha itu bikin kejutan di hari kedua tes di Sepang 26-28 Februari. Ia msuk 3 Besar dengan Dani Pedrosa (Repsol Honda) dan Jorge Lorenzo (Yamaha) sembari mengirim Marc Marcuez dan Valentino Rossi ke urutan 4 dan 5. Ia cetak waktu 2:00,907 atau lebih lelet 0,256 dari Lorenzo. Itu luar biasa Bung! Sebab, Lorenzo pegang YZR-M1 spek pabrikan sementara Crutchlow pakai M1 turunannya alias KW1.

Hari ketiga, Cruthclow merasa dapat setingan yang lebih baik setelah mencobanya di beberapa laps. Adrenalinnya terpicu ketika Pedrosa bikin fastest time 2:00,562 sementara Lorenzo hanya 2:00,992. Si Crutchlow ini pun pede alias percaya diri bisa menyodok ke tengah di antara Pedrosa dan Lorenzo.

Ia pun mainkan jurus gaspol di lap terakhir sebagaimana juga dilakukan Marcuez. Di sektor 1 sudah oke, tapi laju berikutnya terhadang para penunggang CRT, terutama Hector barbera eks pembalap Pramac Ducati yang msim ini turun pangkat ke tim CRT Avintia Blusens. “Harusnya saya bisa bertahan di 3 Besar kalau jalan saya tak ditutup si Hector itu,” ketus Crutchlow yang akhirnya finish di urutan 6 dengan waktu 2:01,094.

Ia jelas kecewa tapi hanya bisa berharap agar pembalap CRT lebih tahu diri dengan membuka jalan bagi pembalap lain yang jauh lebih cepat. Dalam kasus itu, Crutchlow yang mengalah untuk menghindari potensi benturan dengan motor Barbera. “Saat itu sudah final laps di mana semua pembalap tengah ngotot membuat waktu terbaik. Ia melaju santai dengan kecepatan 80 km/jam sedang saya sekitar 320 km/jam. Benar-benar menjengkelkan,” umpatnya.

Itu bukan kasus pertama. Sejak digulirkan mulaimusim lalu sudah banyakkeluhan pada CRT yang anya menuh-menuhi lintasan dan menghambat laju parajoki MotoGP. Pada putaran final 2012 di Valencia, Lorenzo bahkan jumpalitan akibat menabrak pembalap CRT yang menutup racing line-nya. Untungnya, saat itu ia sudah positif jura dunia. Coba, kalau belum, apa nggak nyesek 1000 kali! Tapi, ya begitulah, kalau tak ada CRT akal-akalan Dorna itu, grid MotoGP hanya terisi setengahnya dan ndak bisa digelar sesuai regulasi. Jadi, biarpun Crutclow dkk kesal berkepanjangan, ya telan saja dah daripada nggak balapan sama sekali.  Demikian Brosist! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Presiden FIM Ingatkan Valentino Rossi, Balapan Tak Lagi Bikin Ngantuk

 MotoGP 2013:Rossi Butuh 110%, Pastikan Rivalitas Sengit

MotoGP 2013 Latihan Sepang (Test 2): Menit Terakhir Marquez Gusur Lorenzo, Rossi Ke-4

MotoGP 2013: Kisah ‘Duel’ Valentino Rossi – Marc Marquez di Sepang

MotoGP 2013: Lorenzo – Rossi Tunggu-Tunggu Girboks SSG

MOTOGP 2013: FINISH 1-2 DI SEPANG, HONDA BELUM TENANG

BAGIKAN