nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca Amerika (Jelang); Sirkuit Pelintir (Corkscrew)

 


ManiakMotor – Sirkuit Laguna Seca di California, Amerika Serikat, sirkuit aneh yang banyak tantangan. Selain bumpy, ada tikungan corkscrew yang bikin banyak pembalap mati kutu. Dari istilahnya sudah ketahuan, kutunya mati. Sirkuit ini kembali dipakai pada 21 Juli 2013 dalam rangka ronde 9 MotoGP tahu ini.

Para pelaga papan atas MotoGP menyebut Laguna Seca yang empuk diucapkan itu, sirkuit berkaraketer khas Amrik, berarti aneh. Salah satu anehnya di tikungan corkscrew.  Pengkolan ini diibaratkan bukaan sumbatan botol anggur. Modelnya ulir dan berujung tajam. Ulir ini yang ditancap ke tutup botol yang kenyal lalu diputar dan dicabut.   

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Menyelesaikan tikungan ini pembalap seperti dipelintir seperti alat pembuka botol tersebut, sehingga benar-benar ikut memelintir kuda besinya di situ. “Sekarang masuk ke Laguna Seca, ini adalah sirkuit teraneh di dunia,” jelas Valentino Rossi yang tahun lalu di Ducati jatuh di tikungan yang memang bernama The Corkscrew.

Tikungan di sirkuit yang pernah jadi duel terbaik MotoGP antara Rossi dan Casey Stoner ini, biasanya disebut chicane. Tetapi karena bentuknya aneh itu makanya diumpamakan The Cockscrew. Jelas memerlukan keterampilan spesial, tapi nggak pakai telur.

Bayangkan tikungan yang terletak dari R7, R8 dan berakhir di R9 itu, tidak semata tikungan. Tapi, sebelum memasuki corkscrew ada tanjakan  dan disambut berbelok kiri awal cockscrew. Setelah mencapai puncak pelintirnya, treknya langsung belok kanan dan menurun lumayan curam sih. Wajib di situ racing line yang presisi dan kecepatan yang akurat. Terutama saat menurun dengan pengereman mulus karena di saat bersamaan harus belok kanan. Salah ya meluncur…

Laguna Seca adalah sirkuit anticlock wize alias tikungan berlawanan arah jarum jam. Jumlah tikungannya ada 11, 7 ke kiri dan 4 ke kanan, panjangnya juga mirip-mirip Sachsenring. Laguna cuma  3.610 meter. Tetapi itu tadi, sirkuit teknikal yang aneh dengan tipikal turun-naik-nya dan ketemu datar butuh akselerasi deras.

Hitung-hitungan sejak 2005 digunakan, Laguna banyak dimenangi Honda. Dari 8 kali perhelatan, Honda lima kali menang, dua kali lewat Nicky Hayden, 2 kali Stoner dan sekali Dani Pedrosa. Yamaha baru dua kali menang di sini masing-masing lewat Rossi pada 2008 dan Lorenzo 2010. Nah Silakan tonton minggu ini waktu sahur semua sesi, karena adanya di Amerika yang waktunya beda 12 jam dengan Indonesia. Ito   

BACA JUGA

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Corkscrew Pelintiran Pembalap Lincah, Rossi..?

MotoGP 2013 Laguna Seca Amerika (Jelang): Pedrosa Oke, Lorenzo Tunggu Kabar

MotoGP 2103 Laguna Seca (Jelang): Marquez Lebih Suka di Belakang Rossi – Lorenzo

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Bradl Penasaran, Ingin Lanjut Tarung di Amrik

MotoGP 2013 Jelang Laguna Seca Amerika: Rossi Bilang Marquez Bajingan Tengik

MotoGP 2013 Sachsenring (Race): The Doctor Ingin Lebih Kencang, Nasib Lorenzo Akan Ditentukan


 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353