nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca (FP2): Marquez Teratas, Dovi Geser Rossi

ManiakMotor – The Black Yamaha masih galak di FP2. M1 kelir hitam dengan joki Cal Crutchlow itu langsung menggebrak dengan torehan waktu 1:22,653 di lap awal. Edun deh!

Bagaimana gak edan tuh kecepatan si Crutchlow. Itu lebih cepat dari waktu terbaiknya sekaligus tercepat di FP1 yang 1:22,757. Sejurus kemudian ia kencangkan lagi jadi 1:22,629. Menjadi seru karena di saat hampir bersamaan, Valentino Rossi juga melejit dengan 1:22,346. The Doctor membawa M1 biru jadi tercepat sementara karena dibuat di lap ke-10 atau saat sesi FP2 baru berlangsung 17 menit.

Setelah bikin waktu itu, The Doctor pun memilih ngendon di garasi timnya. Sayang, ia tak bisa rileks karena Marc Marquez tengah berjuang di lintasan dan tampak mengesankan adaptasinya. Dari posisi keempat, ruki MotoGP itu pun kemudian loncat ke urutan teratas setelah bikin waktu 1:22,040 di lap 14. The Doctor pun makin gerah karena Stefan Bradl pun ikutan menyodok waktunya.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Kwartet Crutchlow, Rossi, Marquez dan Bradl memang masih jadi bintang-bintang paling bersinar di Laguna Seca di hari pertama sesi latihan bebas. Di sana sih sebenarnya pukul 4 sore, tetapi di Indonesia sudah imsak dan sebentar lagi subuh. Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa masih terdampar di urutan 6 dan 11 dengan masalah cidera mereka.

Di sisi lain sodok menyodok di papan atas masih tetap berlangsung. Ketika Yamaha Hitam dan Biru tengah bersiap melawan dua Honda yang kini teratas, justru malapetaka yang datang. Crutchlow dan Rossi tak punya kesempatan lagi masin motor sodok, ya kalau bola sodok itu biliar bro. Keduanya tak punya kesempatan  menyodok Marquez dan Bradl. Pasalnya, Bendera merah berkibar-kibar sebagai tanda sesi ini dihentikan menyusul kecelakaan parah yang dialami Blake Young. Siapa tuh?

Young adalah pembalap Amrik yang nongol di acara ini lewat jatah wildcard. Ini kali keduanya setelah wildcard pertama di Austin lalu. Karena ulahnya, petugas terpaksa membersihkan serpihan motornya di dalam lintasan. Sayang seribu kali sayang karena masih ada 11 menit waktu bertempur yang terbuang.

Saat bendera merah diturunkan tanpa ada upacara bendera, sisa waktu enam menit justru membuahkan kejutan besar bagi tim Yamaha. Tiba-tiba saja Andrea Dovizioso yang membawa Ducati masuk 3 Besar. Ia menggeser Rossi dan Crutchlow sekaligus. Tambah semarak kan.

Meski begitu sudah bisa terbaca kualitas sementara masing-masing pembalap dari dua FP awal. Sorotan utama adalah Marquez yang membuktikan adaptasinya terbilang sangat cepat dengan karakter Laguna Seca yang tricky. Sorotan lain adalah betapa cepat kini pacuan Rossi, Crutchlow dan Bradl sebagaimana mereka perlihatkan di Sachsenring pekan lalu. Untuk Dovi sepertinya harus tunggu sesi berikutnya untuk penilaian.

“Trek ini memang sulit tapi saya bisa berkembang dari satu lap ke lap berikutnya. Tapi, aku butuh sedikt waktu lagi untuk mempelajarinya lebih dalam di tikungan tertentu, terutama titik pengereman di Corkscrew. Di R1 juga masih butuh waktu untuk menentukan kapan buka dan tutup gas,” oceh Marquez, masih saja merendah meski di lintasan terlihat sangat garang.

FP3 berlangsung Sabtu (20/7) waktu sono atau Minggu dinihari WIB. Sekarang, waktunya tiduran dulu ya Bro, ciao! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Laguna Seca Amerika 2013, Semua Sesi, 19 – 21 Juli

MotoGP 2013 Laguna Seca (FP1): Crutchlow Tercepat, Rossi Ke-2, Marquez Ke-3

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Jika SSG M1 Rossi Dan Lorenzo Sudah Terpasang

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Demi Lorenzo dan Rossi, Yamaha Bakal Luncurkan SSG

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353