nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Corkscrew Pelintiran Pembalap Lincah, Rossi..?

ManiakMotor – Valentino Rossi menunjuk Marc Marquez akan cepat beradaptasi di sirkuit Laguna Seca (LS), Amrik. Rossi seorang pengaspal kelas wahid, tahulah tipikal pembalap yang bisa menaklukkan sirkuit LS. Maklum, salah satu tikungan beruntunnya model corkscrew yang dilahap pembalap MotoGP sejak FP1 sampai lomba 19 – 21 Juli 2013 waktu Amrik.

Corkscrew pada tulisan sebelumnya sudah dijelaskan. Itu tikungan berulir yang diandaikan pembuka tutup botol anggur. Yang pasti bukan anggur yang ada cap jenggot. Bukan hanya pak jenggot, semua lintasan LS adalah turun-naik yang disebut unik ala Amrik. “Konsentrasinya fokus, percaya diri harus tinggi, karena tikungannya terus bersambung,” jelas Nicky Hayden yang sejak awal karirnya benyak dihabiskan di LS dan ia pernah juara dua kali di situ dengan Honda.

Dengan tipikal begitu ditambah dengan anticlockwize atau berlawanan arah jarum jam, pembalap yang agresif diuntungkan. Apalagi ditambah motor gesit belok dan berakselerasi efektif. Sebab basis LS memang sirkuit yang cekatan. Kata mereka adalah techical circuit. Memang semua trek dijejak dengan teknik, tapi ini lebih teknik pada keterampilan menjalankan motor sembari menanjak juga menikung dan saat turun bersamaan belok.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

 

Sejak 2005  kalau dihitung-hitung sebenarnya Casey Stoner penguasa sirkuit ini. Stoner adalah pembalap yang selalu bermain lepas tanpa beban seperti yang dimaksud Hayden. Gaya-gayanya mirip Marquez atau Marquez mirip dia? Stoner tiga kali juara di LS dengan sekali dengan Ducati. Dengan Ducati dan Honda Stoner sering menggunakan slide corner yang pas di LS.  Taktik yang juga dimiliki Marquez walau prakteknya belum sehalus Stoner.

Karena itu, Rossi meyakini Marquez dengan mudah paham cara-cara menalukkan LS walau belum pernah bermain di sana. Maklum kelas diikuti Marquez tahun lalu ‘dilarang’ main di LS. Bisa saja dengan skill individu Marquez dan Honda bermain di sirkuit pendek seperti LS, Rossi menyatakan seperti itu. Lho The Doctor sendiri macam mana? “Walau bukan sirkuit favorit, saya pernah tampil hebat di LS  dan juara,” kata Rossi sembari mengenang pertarungannya bersama Stoner pada 2008.  

Diamati detil  pembalap yang pernah juara di LS saat mereka produktif di masa karirnya. Termasuk di dalamnya soal usia. Mereka juara di masa muda saat nyali masih tebal dan tubuh  energik. Hayden juara di situ saat umur 23-24 tahun. Stoner antara 24 – 27 tahun. Pedrosa 24 tahun dan Lorenzo 25 tahun, Rossi sendiri 28 tahun. Itu usia dengan pergerakkan anatomi tubuh yang kaya alias lincah, gesit dan agresif sesuai  tuntutan berlaga di LS. 

Yng sedang produktif saat ini adalah Lorenzo dan Pedrosa. Tapi sayang keduanya masih masalah cidera. Entalah minggu ini, bila Rossi juara dia yang tertua sejak LS dibuka ulang 2005, sebaliknya juga Marquez, termuda.  Miolo  

BACA JUGA

MotoGP 2013 Laguna Seca Amerika (Jelang); Sirkuit Pelintir (Corkscrew)

MotoGP 2013 Jelang Laguna Seca Amerika: Rossi Bilang Marquez Bajingan Tengik

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Jarang Menang di LS, Rossi Bawa Semangat 2008

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Akhirnya Lorenzo Nyeberang ke Amrik

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Penentuan The Doctor

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353