nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Demi Lorenzo dan Rossi, Yamaha Bakal Luncurkan SSG

ManiakMotor – SSG (Seamless Shift Gearbox) ditengarai sebagai salah satu faktor keunggulan Honda RC213V dibandingkan Yamaha YZR M-1. Nah, sampeyan pikir-pikir saja bagaimana nantinya kalau M1 juga pakai teknologi yang sama.

Sejak akhir musim lalu sebenarnya Jorge Lorenzo sudah minta fasilitas teknologi girboks yang bikin mulus akselerasi. Belakangan, Valentino Rossi merasa perlu perangkat itu dan ikut menilai sebagai biang keladi ketertinggalan M1 di sirkuit berkarakter stop and go.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Setelah sekian lama hanya tes di Jepang, teknologi SSG yang awalnya diadopsi dari ajang balap Formula 1 itu sudah akan bisa digunakan Rossi – Lorenzo musim depan. Tes pertama di luar sirkuit Jepang, direncanakan pada tes privat Yamaha di Sirkuit Brno pada 6-7 Agustus nanti.

“Soal kapan diterapkan pada motor regular belum diputuskan. Kami harus yakin betul 100% keandalan dan aspek keselamatannya. Sampai saat ini kami masih mengujinya di pabrik Jepang, tapi saya pikir akan bisa diperkenalkan pada tahun ini juga,” kata Lin Jarvis, Direktur Pelaksana Yamaha Factory Racing, dalam sebuah sesi khusus dengan media jelang seri Laguna Seca.

RC213V sudah mengusung SSG dalam dua tahun terakhir. Khusus tahun lalu perkembangannya sangat pesat dan membantu para rider Honda keluar dari tikungan model yang lambat, bisa berakselerasi sekeras dan secepatnya jadi cepat, ya singkatnya kilat. Perpindahan giginya tanpa memutus tenaga yang sendang berlangsung.

Coba sampeyan perhatikan kala pacuan Dani Pedrosa dan Marc Marquez keluar tikungan melejit terutama dari gigi rendah. Karena reduksinya nyambung macam matik, otomatis gejala wheelie hilang.  Nah, itu pula salah satu gunanya SSG. Makanya Lorenzo dan Rossi bilang perlu alat itu. Kalau buat sampeyan tentu SSG-nya beda, karena yang itu artinya Sama Sama Geli, hehehehe! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Jika SSG M1 Rossi Dan Lorenzo Sudah Terpasang

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Corkscrew & Marquez Sama Menariknya

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Rossi Tunggu Lorenzo – Pedrosa, Isu Tes Rahasia Marquez

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Rossi Berjuang Keras Di Amrik

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Corkscrew Pelintiran Pembalap Lincah, Rossi..?

BAGIKAN