nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang FP3); The Corkscrew Mulai Dipelintir RC213V Marquez

 

ManiakMotor – Bisa saja di free practice 1 Yamaha telah berada di atas sejak sesi dibuka di sirkuit Laguna Seca (LS), Amrik  lewat Valentino Rossi. Di akhir sesi FP1 Cal Crutchlow yang melejit. Kedua pembalap itu mengandalkan jam terbang terhadap pengetahuan sirkuit di sesi yang berlangsung Jumat, 19 Juli di Amrik dan di sini 20 Juli dinihari.

Tetapi FP2 seorang Marc Marquez yang belum pernah mencicip LS yang mimiliki tikungan berulir (corkscrew) itu, segera adaptasi. Sebelumnya di FP1 ia ke-3. Temasuk cepat penyesuaiannya. Marquez dibantu fisik, gaya dan karakter motornya itu sendiri.  “Saya berusaha bisa lebih cepat dan cepat. Ini pun di beberapa bagian masih buru-buru menutup gas dan lambat membukanya,” jelas Marquez yang andalan Repsol Honda Team tersebut.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Lha macam mana dia selanjutnya? Di atas kertas sih pasti lebih matang dengan semakin hapalnya dengan LS. Ya itu tadi, gaya slide corner dengan akselerasi deras dan stamina full power ala remaja. Maklumlah, tipe-tipe tikungan LS harus dibantu dengan tenaga sendiri untuk mempertahankan jalur dan membangunkan motor ke tikungan selanjutnya, bukan hanya di R7, R8 dan R8A yang punya tikungan pelintir, tapi nyaris semua tikungan LS yang berkontur turun-naik.

Juga sudah dijelaskan soal penggunaan gigi rendah. RCV dengan reduksi seamless-nya memang diprediksi produktif di LS. Bukan hanya milik Marquez, bahkan Stefan Bradl dari LCR Honda MotoGP di FP2 bisa di belakang Marquez. Jelas motornya pakai SSG. Ditambah lagi Andrea Dovisiozo. Lho? Dia   menunggang Ducati coy! Benar, ia juga pakai teknologi SSG yang sama dengan Honda, tapi selalu di belakang. Ssst…

Sesi awal seperti kata Pedrosa adalah penentu setting diri sendiri dan pacuan ke sesi-sesi berikutnya. Itu Pedrosa yang bilang tiga minggu lalu di Assen, Pedorsa di LS baru turun di FP2 dan hanya ke-11. Sobisa dibayangkan dengan jam tebang yang minim di LS, Marquez sudah di depan. “Masih banyak yang perlu dipelajari dan ditingkatkan pada motor saya pada sesi berikutnya,” rendah Marquez yang saat saat memimpin poin klasemen dan semakin memperlebar bila ia menang telak di LS.

Berarti The Corkscrew mulau dipelintir nih. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Laguna Seca Amerika 2013, Semua Sesi, 19 – 21 Juli

MotoGP 2013 Laguna Seca (FP2): Marquez Teratas, Dovi Geser Rossi

MotoGP 2013 Laguna Seca (FP1): Crutchlow Tercepat, Rossi Ke-2, Marquez Ke-3

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Jika SSG M1 Rossi Dan Lorenzo Sudah Terpasang

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Demi Lorenzo dan Rossi, Yamaha Bakal Luncurkan SSG


   

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353