nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca Jelang FP3; Valentino Rossi Pacu Akselerasi

 

 

ManiakMotor – Keseimbangan, pengereman, dan akselererasi yang ditonjolkan Valentino Rossi di sirkuit Laguna Seca (LS), Amrik. Kombinasi ini yang akan ditingkatkan menuju sesi-sesi berikutnya. Tiga bagian tersebut satu lapal dalam jurus-jurus set-up kuda besi, buka kuda lumping yang makan pecahan botol, bro.

Walau ke-5 di FP2 dan ke-2 di FP1 yang berlangsung Jumat, 19 Juli di sana dan di sini sudah 20 Juli waktu sahur, Rossi menganggap hasilnya luamayan  baiklah. “Pasti senang dong dengan hasil FP1 dan 2. Itu bagus, dekat-dekat kok. Tetapi butuh peningkatan pada keseimbangan, pengereman dan terutama akselerasi,” jelas Rossi seperti rilis yang diterima portal ini.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Dan itulah yang dibutuhkan di sirkuit di bawah lembah yang mungkin dulunya lokasi sering baku tembak para koboi seperti di film. Akselerasi meningkat, pengereman harus ikut, kan dorongan motor bertambah brosist. Pengereman keras harus ditunjang keseimbangan yang disetel dari kaki-kaki atau suspensi, ya lagi-lagi akibat akseleresi tadi ditambah pula turunan di LS. Begitu ilmu kira-kiranya yang tidak diceritakan Rossi tapi bisa ditangkap makna pernyataannya.

Toh Rossi mengaku cukup percaya diri dengan basis setelan awal M1-nya tampil di LS. Itu juga modal menentukkan set-up yang tepat dari tiga kombinasi tadi. Pastilah Rossi sedang mencari akselerasi kuat untuk mengimbangi pesaingnya dari pihak Honda. Jika tiga kombinasi tadi bisa ditingkatkan,  ritme pusing-pusing di LS otomatis bisa konsisten dan boleh mendekatkan dirinya dengan RC213V yang jelas-jelas dipacu Marquez.

Bagian-bagian ini juga dikejar Rossi agar doski tidak banyak bermain fisik untuk pengendalian M1 di LS. Maklumlah, LS adalah sirkuit yang rada ‘keriting’ kontur-konturnya. Katanya sih sirkuit yang rumit. “Sirkuit yang sulit menentukkan set-up. Fisik juga harus prima untuk menyelesaikan lomba yang panjang,” jelas Rossi yang tetap tersenyum dengan mimik yang tetap ceria.

Makanya gorboks SSG suruh cepat tuh…? “Tenang, tenang. Saat ini tim lebih banyak menganalisa kelemahan dari Sachsenring. Harus dilacak lagi soal traksi dan daya tahan ban. Bicara kecepatan motor sih, boleh diadu,” jelas Massimo Meregalli, direktur  Yamaha Factory Racing, tempat Rossi membalap.

Wah, jawabannya beda. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Laguna Seca Amerika 2013, Semua Sesi, 19 – 21 Juli

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Jika SSG M1 Rossi Dan Lorenzo Sudah Terpasang

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang FP3); The Corkscrew Mulai Dipelintir RC213V Marquez

MotoGP 2013 Laguna Seca (FP1): Crutchlow Tercepat, Rossi Ke-2, Marquez Ke-3

MotoGP 2013 Laguna Seca (FP2): Marquez Teratas, Dovi Geser Rossi

 


 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353