nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Jika SSG M1 Rossi Dan Lorenzo Sudah Terpasang

 

ManiakMotor – Bila seorang direktur berani cerita-cerita di depan umum, sebentar lagi yang diceritakan sudah siap. Macam Pak Bos Lin Jarvis yang Managing Director Yamaha Factory Racing (YFR) yang bilang rancangan girboks canggih Yamaha M1-nya tinggal tunggu rapi dan safety. “Tetapi sampelnya akan dicoba 6 – 7 Agustus di Brno,” terang Pak bos soal test privat YFR itu.

Rapi dan aman dalam teknologi ini memang kuncinya, kaitannya keselamatan pembalap. Risiko besar bila rasionya macet, itu motor seperti menabrak tembok dan pembalapnya dilempar sejauh-jauhnya. “Itu fokus insiyur perancangnya. Mereka harus yakin 100 persen rapi jali dan kuat,” tambah Jarvis pada barang yang di F1 dikenal dengan seamless shift gearbox (SSG) itu.

Tetapi bila sudah berani dicoba, itu barang sebenarnya ready stock. Ingat coba-cobanya nanti bukan pelan-pelan, ya seperti balapan sungguhan. Memang hanya diplomatisnya katanya masih dalam tahap finishing dan baru tahun depan digunakan. Tapi tahu sendiri, sejak awal tahun ini  Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tak sabar secepatnya barang itu rampung. Bisa saja digunakan tahun ini dalam keadaan kepepet mengejar poin. Namanya juga kepepet…

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Maklum M1 kalah cabut-cabutnya dari proses gigi rendah dengan RC213V. Bukan persoalan mesin, tapi SSG Honda bisa berakselerasi mulus dan kuat saat keluar dari tikungan lambat. Perpindahan gigi SSG tanpa memutus tenaga yang sendang berlangsung. Teknologi ini semakin produkstif di sirkuit-sirkuit pendek seperti di Sachsenring kemarin dan termasuk di Laguna Seca, Amrik, sebentar lagi.

M1 dalam tiga kemenangan beruntun di Mugello, Catalunya dan Assen semuanya di sirkuit yang minim menggunakan gigi rendah. Tiga sirkuit itu dengan gas betot terus.

Sedang RC213V dengan 4 kemenangannya tahun ini rata-rata dicapplok pada sirkuit punya akselerasi deras dengan banyak pindah percepatan. Ya, sirkuit-sirkuit banyak memakai gigi rendah lah. 

Andai M1 telah pakai pakai SSG, berarti atas kena dan bawah kena dong, hasilnya adalah kencang semua? Itu sama dengan menihilkan praktek korek-mengorek, bahwa tidak ada mesin balap bisa unggul atas bawah. “Saya bukan pembalap, silakan tanya pada pembalap, kecang atau tidak soal girboks itu,” jelas Jarvis.

Saat ini M1 masih mengandalkan quick shifter elektronik. Sistemnya masih memutus pengapian saat pindah gigi yang dipandu ECU. Sementara SSG tidak ada sama sekali yang tertunda (diputus) saat berlangsung pindah gigi. Karena tolerasi pergeseran giginya zero atau nol. Saat persneling memindahkan gigi dan sepatu menggeser gigi rasio, ditenggarai ada gir yang terus berputar meneruskan pada gigi selanjutnya. Hasilnya seperti motor matik.

Bisa membantu Rossi tuh. Miolo

BACA JUGA

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Demi Lorenzo dan Rossi, Yamaha Bakal Luncurkan SSG

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Corkscrew & Marquez Sama Menariknya

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Rossi Tunggu Lorenzo – Pedrosa, Isu Tes Rahasia Marquez

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Rossi Berjuang Keras Di Amrik

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Corkscrew Pelintiran Pembalap Lincah, Rossi..?

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353