nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang Race): Incar Podium Ke-19, Sejarah Jerman di Tangan Bradl

ManiakMotor – Jelas sekali pacuan Stefan Bradl amat mumpuni di trek Laguna Seca yang naik turun berkelok macam jalur Puncak itu. Karakter motor dan jokinya agresif, itu sama sekali bukan kebetulan ia meraih pole perdananya di MotoGP. Akankah berbuah jadi podium pertama?

Itulah yang jadi penantian penting anak muda Jerman kelahiran Augsburg, 28 November 1989 itu. Sekaligus penantian publik negeri Bavarian itu. Pasalnya, MotoGP bukanlah ajang utama di kancah motorsport Jerman. Sosok pembalap MotoGP di sana ditenggelamkan jauh oleh para pembalap Jerman yang manggung dan mengilap di ajang F1 macam Michael Schumacher dan Sebastian Vettel yang bolak balik juara dunia. Gemerlap MotoGP lokal pun kalah pamor oleh balap turing DTM.

Kini mulai ada perubahan dan Bradl orangnya yang bikin itu. Sejak ia juarai Moto2 2011 dan main MotoGP sejak 2012, gairah di negerinya pun melimpah. Seri Sachsenring pekan lalu,misalnya, disesaki hampir 90 ribu penonton dan mayoritas pendukung rider tim LCR Honda itu.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Reputasi Jerman di MotoGP memang kering kerontang. Sukses Bradl start dari front row Assen lalu, misalnya, merupakan kali pertama pembalap Jerman start baris depan di MotoGP. Tentu saja pole position di LS barusan juga jadi perdana buat Jerman sepanjang sejarah.

Andai Bradl bisa naik podium pada raceday Laguna Seca, Minggu (21/7), maka itu pun jadi podium pertama Jerman di MotoGP sejak terakhir kali diraih Dieter Braun (urutan 3) di GP Belgia 1974. Peluangnya sangat terbuka melihat konsistensi penampilannya dalam dua seri balap terakhir. Apalagi, berkat swingarm baru di RC213V-nya dan karakter motor itu sendiri yang disuntik SSG, Bradl pun mampu mengimbangi Marc Marquez yang menggeber RC213V versi pabrikan.

“Podium memang jadi target sejak Sachsenring lalu. Kecepatan motor kami bisa diandalkan. Balapan besok akan sangat istimewa dan semoga saja bisa berakhir di podium. Kami punya kesempatan besar,” terang Bradl yang semasa di Moto2 sudah mengoleksi 7 pole positions, 5 kemenangan, dan 12 podium. Enam podium lain ia raih semasa tarung di GP125 cc (2005-2009)

Ia dan tentunya komunitas balap Jerman berharap podium ke-19 akan didapuk pada raceday Laguna Seca ini. Kalau begitu, lanjutkan sajalah Bro Bradl! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Laguna Seca Amerika 2013, Semua Sesi, 19 – 21 Juli

MotoGP 2013 Laguna Seca Q2: Bradl Pole Position, Tiga Honda Front Row

MotoGP 2013 Laguna Seca FP4: Dua Honda Di Depan..!

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang FP3): Bawa 2 Swingarm Baru, Bradl Mampu Imbangi Marquez

 

 

BAGIKAN