nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang Race): Marquez Siap Jalani Duel RC213V Beda Daleman

ManiakMotor –  Akhirya Marc Marquez mencicipi juga rasanya jatuh di Sirkuit Laguna Seca. Bukan di 8A yang dikenal dengan Corkscrew itu, tapi justru terjadi di jalur aman di sesi Q2 berlangsung 20 Juli waktu Amerika.

Roda depannya tidak terkontrol di jalur turun berbelok kiri di R6 dan langsung menuju gravel. Ia memang tak kesakitan, tapi itu salah satu sebab kehilangan posisinya yang sebelum terjengkang  jadi pole sitter sementara. Bradl ambil alih saat Marquez menghabiskan waktu di paddock akibat pacuan tak bisa diajak lari lagi.

“Idealnya memang pole position, tapi start kedua di sirkuit yag baru sekali ini saya coba tentu sebuah hasil yang bagus dan memuaskan. Sayang, pole itu hilang karena kesalahan kecil di R6,” sesal Marquez yang memasuki R6 terlalu buru-buru.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Karena dipotong Bradl dengan cara seperti itu dan khususnya karena kecepatan mumpuni sejak sesi FP, maka sedikt pun Marquez tak khawatir dengan balapan sesungguhnya hari ini. Apalagi, karakter Laguna Seca sangat cocok dengan gaya balapnya yang kerap ‘membuang’ roda belakang lebih dulu baru belok.

Miriplahlah dengan para petarung Moto2. Hebatnya, ekor motor MotoGP yang dibikin begitu bro. Rear wheel steering yang dulu sering dilakukan Rossi. Itu dulu..! “Saya sangat percaya diri untuk jalani balapan nanti,” tegas Marquez yang sama sekali tak pernah ngeluh teknis di semua sesi Laguna Seca.

Faktor non teknis di R6 itu hanyalah sebuah pelajaran dan tantangan berikutnya. Meski posisi terdepan disikat Bradl, favorit juara tetap di tangan Marquez. Bukan cuma performanya yang sesungguhnya lebih apik di semua sesi, tapi juga faktor RC213V yang beda isi. Marquez geber versi full pabrikan, sedangkan Bradl melaju dengan satelit LCR Honda, sampeyan juga tahulah apa isinya.

Formasi baris depan Laguna Seca memang beda. Marquez akan diapit Bradl selaku pole sitter dan Alvaro Bautista (Gresini Honda) di urutan tiga. Itu pole perdana Bradl. Ironisnya, senior mereka bernama Dani Pedrosa justru start dari urutan 7. Itu pun berkat perjuangan dari sesi Q1. Maklum, ia masih kesakitan dengan cidera tulang bahunya. Maklum pula kalau sang yuniornya kini lebih difavoritkan memenangi lomba. Maklum ya, maklummmmm! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Laguna Seca Amerika 2013, Semua Sesi, 19 – 21 Juli

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang Race): Rossi Optimistis, Lorenzo Jaga Diri

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang Race): Incar Podium Ke-19, Sejarah Jerman di Tangan Bradl

MotoGP 2013 Laguna Seca Q2: Bradl Pole Position, Tiga Honda Front Row

BAGIKAN