nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang Race): Rossi Optimistis, Lorenzo Jaga Diri

ManiakMotor – Tiga Honda memang berada di front row saat raceday Laguna Seca (Minggu (21/7) waktu Amerika Serikat atau Senin (22/7) subuh WIB. Tapi, dua joki YZR M-1 di belakang mereka tak boleh diabaikan lho!

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo memang start dari baris kedua, masing-masing urutan 4 dan 6. Tapi, catatan waktu keduanya tak terlalu jauh dari tiga lawan di depan. Dan, yang tak kalah penting, aroma dan tensi pertarungan saat single lap dengan balapan yang dijadwal sebanyak 32 lap itu jelas berbeda. Masing-masing punya taktik sendiri.

Teropong set-up lomba sebenarnya saat sesi FP, Rossi bisa melakukan perlawanan, terutama pada Marquez. Maka peluang Yamaha tetap terbuka menyodok ke depan. Khususnya Rossi yang sejak sesi FP1 konsisten dengan pace-nya. Kesabaran, pengalaman, dan kecermatannya berstrategi akan menjadi poin plus melawan tiga pembalap muda Stefan Bradl, Marc Marquez, dan Alvaro Bautista yang ada di depan.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Dengan jumlah laps yang sebanyak 32 itu plus tipikal sirkuit yang melelahkan karena membutuhkan banyak gerakkan tubuh saat menikung, maka satu-satunya yang mengkhawatirkan adalah ketahanan fisik. Berlaku buat The Doctor yang sudah 34 tahun dan Lorenzo yang masih dalam taraf pemulihan cidera tulang bahunya.

Rossi sendiri tak terlalu galau meski start dari posisi keempat. Yang ia butuhkan hanyalah sedikit sentuhan akselerasi dan pergerakkan roda belakangnya bisa lebih balance saat pengereman. Begitu pun daya tahan ban untuk mengarungi 32 putaran dengan kondisi banyak tikungan yang menguras kerja rem.

“Kami sudah melakukan banyak perubahan setingan untuk menghindari slip di roda belakang, tapi butuh sedikit lagi pemantapan. Kecepatan saya tak jauh dari pole sitter dan berlomba dari urutan 4 bukanlah hal buruk,” tandas The Doctor yang masih menyimpan optimisme naik podium.

Lain pula Lorenzo, rekan setimnya. Tak alami celaka saja di trek sangar itu sudah membuatnya sangat bersyukur. Ia pun memang tak memforsir diri demi menjaga keselamatan diri sendiri.

“Ini trek melelahkan dan membuat bahuku pegel-pegel. Namun, dengan bantuan painkillers (obat penghilang rasa sakit), mungkin saya bisa capai hasil lebih baik daripada di Assen,” ujar Lorenzo yang finish kelima di Assen dengan kondisi bahu lebih parah karena baru sehari dioperasi.

Tapi, ingat…ingat..Bro Lorenzo! Kali ini program jaga dirinya kudu ekstra dan dilipatgandakan, khususnya saat start dan sepanjang lap pertama. Soalnya, persis di depan sampeyan itu ada Alvaro Bautista yang punya pengalaman menghajar sampeyan di Assen 2012 dan juga menghajar Rossi di Mugello 2013. Jadi, waspadalah! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Laguna Seca Amerika 2013, Semua Sesi, 19 – 21 Juli

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang Race): Incar Podium Ke-19, Sejarah Jerman di Tangan Bradl

MotoGP 2013 Laguna Seca Q2: Bradl Pole Position, Tiga Honda Front Row

MotoGP 2013 Laguna Seca (Q1): Menang Telak di Q1, Pedrosa Sambut Q2

BAGIKAN